Loading...

Sumardi, Sukses Bertanam Padi di Lahan Tadah Hujan

01:45 WIB | Sunday, 16-June-2013 | Kontak Tani Sukses | Penulis : Ahmad Soim

Sumardi (41), lahir di Poliwali, Mamasa, Sulawesi Barat pada tanggal  2 Mei 1972. Petani padi yang berhasil ini  tinggal di Dusun Panamba  - Desa Kalukku Barat - Kecamatan  Kalukku - Kabupaten Mamuju - Provinsi Sulawesi Barat. Bertani sudah dijalankannya  sejak remaja. Kini ia punya pendapatan Rp 9 juta per bulan.

 

Bapak dari tiga orang anak  ini mempunyai moto  “dengan kegigihan dan pantang menyerah  meraih kesuksesan hidup yang berkualitas”.  Hal ini tercermin dari usahanya  dalam mengelola lahan kering/tadah hujan dengan berbagai komoditas yang berorientasi pasar, sehingga dapat memberinya pendapatan cukup untuk membiayai keluarganya untuk hidup berkualitas. 

Sumardi, berusaha tani di lahan  kering atau sawah tadah hujan. Ia berusaha tani di lahan  sendiri seluas satu hektar ditambah tiga hektar lahan sewa. Untuk lahan sendiri seluas satu hektar ditanami secara bergilir dengan tanaman padi, jagung,  kedelai dan ubi jalar. Untuk lahan garapan/sewa seluas tiga hektar hanya ditanami padi. Selain itu juga  ia telah memanfaatkan pekarangannya  seluas (33x66) m² dengan budidaya tanaman sayuran seperti lombok, tomat, bayam kangkung dan sawi. Dalam budidaya padi ia telah menerapkan budidaya pertanian organik. 

Pengadaan saprodi  khususnya pupuk organik diproduksi  sendiri, sedangkan saprodi lainnya pengadaannya secara berkelompok, kadang juga secara perorangan tergantung komoditi yang diusahakan serta waktu pelaksanaan usaha tani.  Modal untuk  usaha tani diperoleh secara swadaya dan sebagian kecil bantuan pemerintah. 

Hasil usaha taninya dipasarkan sendiri atau berkelompok yang disesuaikan dengan kondisi pasar kepada pedagang pengumpul. Di samping berusaha tani dengan komoditi tanaman pangan dan sayuran tersebut, untuk menambah pendapatan, Sumardi juga  berternak sapi potong  yang berjumlah 8 ekor, setiap tahun dapat menjual  2 ekor sapi umur 3 tahun. 

 

 

 

Editor : Ahmad Soim

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162