Loading...

Ternak-Ternak Yang Datang Dari Luar Daerah

12:53 WIB | Monday, 09-December-2013 | Mimbar Penyuluhan | Penulis : Kontributor

TATA LAKSANA KARANTINA

 

Karantina ternak pada dasarnya merupakan pos terdepan sebagai barrier/tindakan upaya pencegahan masuk dan tersebarnya hama dan penyakit dari luar negeri ke dalam negeri, dari satu area ke area lain dalam negeri atau keluarnya dari wilayah Negara Republik Indonesia apabila negara tujuan menghendakinya.

 

Ruang lingkup pengaturan tentang karantina ternak di antaranya meliputi : 1. Persyaratan karantina; 2. Tindakan karantina, seperti pemeriksaan kesehatan ternak, pengasingan, pengamatan, penahanan, penolakan, pemusnahan dan pembebasan; 3. Menetapkan kawasan karantina; 4. Menetapkan jenis dan hama penyakit; 5. Menetapkan tempat pemasukan dan pengeluaran (pos perbatasan antar daerah/negara) serta pelaksanaan kegiatan karantina. Pelaksanaan tindakan karantina (8P) tidak semata-mata hanya melakukan pemeriksaan dokumen dan fisik, tetapi untuk memastikan bahwa media pembawa tersebut benar-benar tidak membawa HPH/HPHK dan bebas dari penyakit golongan I maka perlu ditindaklanjuti dengan pemeriksaan laboratorium.

 

Laboratorium karantina hewan yang kompeten dan terakreditasi sangat diperlukan dalam menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi perkarantinaan hewan saat ini dan pada masa yang akan datang. Sarana dan prasarana laboratorium serta sumberdaya manusia dituntut untuk memenuhi standar yang ditentukan dalam melaksanakan kegiatannya sehingga hasil pengujiannya dapat diperoleh dalam waktu yang singkat dengan validitas dan akurasi yang tinggi.

 

Persyaratan Karantina. Setiap media pembawa hama dan penyakit hewan yang dimasukkan ke dalam wilayah Negara RI wajib memenuhi persyaratan administratif (UU Karantina, 1992).

 

  • Dilengkapi sertifikat kesehatan dari negara asal dan negara transit bagi hewan, kecuali media pembawa yang tergolong benda lain
  • Melalui tempat-tempat pemasukan yang telah ditentukan (post de entry)
  • Dilaporkan dan diserahkan kepada petugas karantina hewan di tempat-tempat pemasukan untuk keperluan tindakan karantina. Begitu juga setiap media pembawa hama dan penyakit yang dibawa/dikirim dari satu area ke area lain maupun yang akan dikeluarkan dari wilayah Negara RI.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Editor : Julianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162