Loading...

TNI AD Pun Ikut Kembangkan Kopi Petani

17:08 WIB | Friday, 13-October-2017 | Kebun | Penulis : Gesha

Kopi mampu menarik minat siapa saja, tak terkecuali TNI-AD yang ternyata turut mengembangkan kopi di daerah. 

 

 

 

Hal itu terlihat dari stand-stand SMESCO "Rembug Kopi Nusantara". Keseluruhan stand merupakan kopi hasil pendampingan Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Darat (TNI AD), mulai dari kopi gayo, kopi lahat, kopi luwak garut hingga kopi wamena di Papua. 

 

 

 

Aster Kasad Mayjen TNI Widagdo Hendro Sukoco yang sempat hadir dalam pameran tersebut menuturkan jika TNI turut serta dalam pendampingan perawatan tanaman kopi milik petani. 

 

 

 

"Kopi jenis Rubusta dan Arabica merupakan komoditas eskpor unggulan yang menjadi penyumbang terbesar keempat devisa negara. Kita patut berbangga Indonesia merupakan surga bagi penikmat kopi termasuk kopi jenis Robusta dan Arabica hasil panen petani," tuturnya.

 

 

 

Karenanya, Aster Kasad berharap agar Babinsa bersama PPL terus mendampingi para petani kopi agar mampu menjaga dan memastikan kualitas kopi yang diproduksi. 

 

 

 

Tak hanya pendampingan dalam bentuk perawatan, TNI AD juga membantu petani untuk membuka lahan baru untuk perkebunan kopi masyarakat. "Di Wamena sana banyak lahan tidur, TNI AD bantu kami untuk buka lahan baru dan kami yang tanam dan produksi," ungkap petani kopi asal Wamena, Maximus Lani. 

 

 

 

Hubungan yang erat antara petani kopi dan TNI AD juga sudah dijalin lama. Bahkan beberapa diantaranya juga menjadi petani kopi, seperti di Takengon, Aceh Tengah yang dikenal dunia dengan Kopi Gayo. 

 

 

 

Produksi kopi yang didominasi varietas Arabika ini juga menjadi kesukaan dari Dandim 0106/Aceh Tengah, Letkol Inf. Didit Hari Prasetyo Putro dan selalu promosi dimanapun ia bertugas. (gsh)

 

 

Editor : Pimpinan Redaksi

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162