Loading...

Ulus Dirmawan, Dengan Baby Buncis Melenggang ke Negeri Singa

11:33 WIB | Tuesday, 30-May-2017 | Kontak Tani Sukses, Kabar Penas KTNA XV 2017 | Penulis : Ika Rahayu

Perawakannya tergolong mungil, namun petani horti­kultura asal Lembang Jawa Barat ini mempunyai mimpi sangat besar untuk bisa menjadi pelaku agribisnis skala internasional yang penetrasi pasar produk pertaniannya sampai ke mancanegara.

 

Dengan bekerja fokus penuh ketekunan, nyatanya satu demi satu mimpinya sudah berhasil diwujudkan menjadi kenyataan. Keinginan bisa meng­hasilkan aneka jenis produk sayuran berkualitas premium sudah bisa diraih.

 

Saat ini sebanyak 13 jenis sayuran yang dihasilkan dari hektaran lahan pertaniannya di daerah berhawa sejuk Lembang sudah dilengkapi sertifikat Prima 3 sebagai bentuk pengakuan dari pemerintah bahwa produk segar itu aman untuk dikonsumsi.

 

“Dengan dilengkapi sertifikat Prima 3 otomatis pembeli atau calon pembeli sudah mengetahui bahwa kandungan residu pestisida di dalam produk kami di bawah ambang batas yang diperkenankan sehingga dijamin aman untuk dikonsumsi,” kata Ulus Dirmawan saat ditemui di stand Badan Ketahanan Pangan Kementan arena PENAS Aceh.

 

Keberhasilan dapat mengan­tongi Sertifikat Prima 3 membuat pria 43 tahun ini lebih percaya diri untuk memasarkan produk sayuran dan buah dari kebunnya ke pasar khusus dengan harga jauh di atas pasar tradisional. Belakangan bahkan komoditas baby buncis yang dihasilkannya sudah mampu secara rutin masuk pasar Singapura.

 

“Ekspor baby buncis ke Singapura sudah kami lakukan sejak 2014 hingga kini pengiriman terus dilakukkan seminggu tiga kali dengan jumlah total per bulan sekitar 15 ton,” jelas Ketua Gapoktan Wargi Panghupay itu.

 

Mudah Dibudidayakan

 

Dengan bisa menerobos pasar Singapura, menurut Ulus, sangat banyak keuntungan yang diperoleh dirinya juga anggota Gapoktannya yang mencapai 100 petani hortikultura. Keuntungan finansial sudah pasti didapat karena pihaknya bisa menjual dengan harga jauh di atas harga pokok produksi (HPP).

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

Editor : Pimpinan Redaksi

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162