Loading...

Waspada Sinyal Kuat Serangan Wereng Coklat

08:54 WIB | Monday, 03-July-2017 | Editorial, Editorial | Penulis : Ahmad Soim

Sinyal peringatan hama wereng menyerang pertanaman padi muncul dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Adalah Petani Mitra Klinik Tanaman dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Pertanian Bogor (LPPM IPB) yang melaporkan adanya serangan wereng coklat dan virus kerdil hampa pada padi.

 

Survei lapangan seminggu terakhir yang dilakukan oleh petani mitra dan dosen Proteksi Tanaman Faperta IPB menunjukkan bahwa wereng coklat dan atau virus kerdil hampa sudah terjadi di berbagai daerah Pulau Jawa, baik Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

 

Kabupaten di Jawa Timur dan Jawa Tengah yang sudah terserang wereng coklat antara lain Pasuruan, Nganjuk, Mojokerto, Madiun, Ngawi dan Bojonegoro, Pati, Blora, Kudus, Semarang, Sragen, Karanganyar, Kebumen, Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga dan Cilacap. Di Jawa Barat terjadi di Indramayu, Subang dan Karawang.

 

IPB mengungkapkan serangan wereng coklat tersebut sudah menjadi ancaman bagi produksi padi nasional. Analisis IPB serangan itu terjadi bukan seketika, tapi dampak sistemik agribisnis padi nasional, yakni adanya penanaman yang terus menerus dan penggunaan pestisida yang salah dengan frekuensi yang tinggi. Itulah yang menurut IPB menjadi faktor pemicu ledakan hama tersebut.

 

Kementerian Pertanian perlu memperhatikan betul apa yang diungkapkan IPB yang memang memiliki pengalaman dan kompetensi di bidang ini. Selain perlu diberikan langkah reaksi cepat menghadapi masalah wereng coklat yang sudah mengganas di beberapa tempat ini, Kementerian Pertanian juga perlu mengevaluasi ulang sistem penanaman sawah padi dan pola tanamnya.

 

Kita bergembira dan mendorong langkah yang sudah dilakukan Kementan dalam menangani masalah hama ini. Kementan langsung menurunkan tim ke lapangan untuk antisipasi serangan hama ini. Laporan dari Kementan total serangan hama wereng coklat di 9.338 ha lahan padi, masih tergolong kecil bila dibanding luas tanam padi setahun yang mencapai 15 juta ha.

 

Namun demikian Kementan harus sigap untuk ‘mematikan’ serangan hama wereng coklat itu. Meskipun skala serangannya masih relatif kecil, namun hama ini sangat ganas dan bisa dengan cepat menyebar dan mewabah. Kalau perlu tindakan eradikasi, maka tindakan itu harus dilakukan, demi untuk menyelamatkan pertanaman yang lebih luas.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162