Rabu, 17 Oktober 2018


Isran Noor: Peran Penyuluh Tak Tergantikan

27 Peb 2018, 15:11 WIBEditor : Gesha

 

Meski pemerintah menggerakkan berbagai bala bantuan, termasuk TNI AD untuk mendorong peningkatan produksi, bahkan ada yang mempertanyakan peran penyuluh, namun sebagai garda terdepan peran penyuluh pertanian di mata petani tak tergantikan.

Ketua Umum Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani), Isran Noor saat Pengukuhan Pengurus DPP Perhiptani Periode 2017-2022 di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Selasa (27/2) mengatakan, saat ini penyuluh terus turun ke lapang, bekerja keras dengan kemampuannya mendongkrak peningkatan produksi yang pemerintah targetkan. 

“Penyuluh diperlukan (petani) untuk mengelola luasan areal atau potensi di negara ini,” katanya. Namun Isran Noor menyesalkan, banyak penyuluh di daerah yang tidak diberikan kesempatan berkomunikasi secara intens dengan pihak terkait. Misalnya, dalam penurunan bantuan alsintan. “Terkadang bantuan alsintan tidak sesuai dengan agroekologi setempat. Akhirnya malah mubazir,” ujarnya.

Termasuk dalam keorganisasian penyuluh, Isran mengatakan, beberapa Balai Penyuluh Pertanian (BPP) yang seharusnya menjadi posko peningkatan kualitas penyuluh, kini malah berubah fungsi. 

Namun Isran meminta kepada penyuluh tetap berjuang dengan ketulusan dan bermanfaat bagi bangsa dan negara. “Kita tidaklah perlu putus asa dan harus semangat bekerja,” tegasnya.

Apalagi semangat optimisme dan keberpihakan kepada penyuluh di daerah maupun pusat masih ada. Terlihat dari adanya anggota MPR/DPR hingga Bupati yang menjadi pengurus DPP Perhiptani atau DPW Perhiptani.  “Pejabat publik inilah yang memandang perlu dan pentingnya penyuluhan, kemudian bersama-sama Perhiptani memperjuangkan penyuluhan tetap berjalan,” tuturnya.

Salah satu penyuluh swadaya dari Kabupaten Sukabumi yang juga menjadi Ketua III DPP Perhiptani, Maman Suparman mengakui, penyuluh merupakan pengabdi kemanusiaan. “Bagi saya, dalam jiwa penyuluh harus tertanam bahwa mereka yang peduli kepada petani, peduli pada kemanusiaan. Begitu pula, mereka yang mengabdi kepada petani, mengabdi kepada kemanusiaan,” katanya. Gsh

Editor : Yulianto

TAG

BERITA TERKAIT

E-PAPER TABLOID SINAR TANI

Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018