Rabu, 17 Oktober 2018


Memilih Model Arsitektur Pohon untuk Tangkal Erosi

26 Jul 2018, 15:24 WIBEditor : Ahmad Soim

"Ada tanamannya tapi kenapa erosi tanah tetap saja terjadi," kata Prof Dede Setiadi membuka pembacaan makalah Orasi Ilmiah Guru Besar IPB-nya dengan judul "Hubungan Konservasi Tanah dan Air dengan Model Arsitektur Pohon" di Aula Andi Hakim Nasution IPB Bogor (21/7).

 

Menurutnya erosi  ada hubungannya dengan potensi air yang ada di permukaan tanah yang mengalir sebagai aliran permukaan dan dipengaruhi oleh model arsitektur pohon dari pohon yang tumbuh di atasnya. "Jadi ada hubungan antara model arsitektur pohon dengan konservasi tanah dan air," tambah Prof Dede Setiadi yang dikukuhkan sebagai Guru Besar IPB Bidang Biologi Lingkungan.

 

Dijelaskannya erosi tanah terjadi karena meningkatnya aliran air di permukaan tanah sebagai akibat berkurangnya kapasitas infiltrasi tanah. Selanjutnya, jumlah aliran permukaan yang meningkat akan mengurangi ketersediaan ari di dalam tanah yang bisa mengakibatkan pertumbuhan tumbuhan atau pohon menjadi kurang baik.

 

Pohon dengan arsitektur pohon yang berbeda, akan membagi curah hujan menjadi curahan tajuk, intersepsi dan aliran batang yang kemudian akan terakumulasi menjadi aliran permukaan yang mengangkut butir-butir tanah yang terdispersi oleh kekuatan atau energi kinetik curah hujan yang jatuh ke permukaan tanah yang mengakibatkan erosi tanah.

 

Dijelaskannya ada hubungan antara model arsitektur pohon dengan erosi. Model arsitektur pohon McCLURE, MASSART dan ROUX menimbulkan erosi yang lebih rendah dibandingkan model arsitektur pohon TROLL, RAUH, dan ATTIMS di masing-masing lokasi.

 

"Pemilihan model arsitektur pohon merupakan salah satu keharusan karena sebagai salah satu variabel dari faktor morfologi pertumbuhan vegetatif tumbuhan atau pohon yang dapat digunakan untuk mengurangi erosi tanah dalam program konservasi tanah dan air." jelas Prof. Dede Setiadi.

Editor : Pimpinan Redaksi

TAG

BERITA TERKAIT

E-PAPER TABLOID SINAR TANI

Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018