Loading...

16 Ribu Batang Bibit Bunga Krisan Gagal Menghiasi Surabaya

14:08 WIB | Wednesday, 15-November-2017 | Karantina | Penulis : Kontributor

Karantina Pertanian Surabaya menggagalkan pemasukan 16 ribu batang bibit bunga krisan dari Malaysia di  Teminal 2, Bandara  Juanda - Sidoarjo. Bibit krisan tersebut dikemas dalam plastik dan dimasukkan ke dalam koper/travel bag.

 

 

 

Informasi bermula dari kecurigaan petugas bea cukai terhadap travel bag/koper yang dibawa seorang penumpang dari Malaysia setelah melewati X-ray. Selanjutnya informasi diteruskan kepada petugas karantina Surabaya. Setelah diperiksa Sumanto, POPT Terampil Karantina Surabaya  menemukan 16 000 batang bibit krisan yang tidak dilengkapi dengan phytosanitarry certificate, Surat Ijin Pemasukan (SIP) dari Kementerian Pertanian, dan tidak dilaporkan ke petugas karantina di negara tujuan (Indonesia).

 

 

 

“Oleh sebab itu, bibit krisan tersebut ditahan dan diamankan di Karantina Surabaya” jelas Soemanto. Selain  menunggu pemilik barang melengkapi dokumen dimaksud, juga sebagai salah satu upaya untuk melindungi kekayaan hayati utamanya di  Jawa Timur.

 

Karena bila bibit krisan tersebut berhasil lolos dan ditanam, maka dapat berpotensi membawa dan menyebarkan penyakit Aaphelencoides besseyi (A1 gol 1) yang belum terdapat di Indonesia. Herny

Editor : Pimpinan Redaksi

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162