Loading...

AANB Kamandalu: Memberi Contoh Kiat Sukses Bioindustri

09:02 WIB | Tuesday, 07-March-2017 | Inovasi Teknologi, Teknologi | Penulis : Kontributor

AANB Kamandalu, Kepala BPTP Bali

Bioindustri telah menyulap Desa Antapan menjadi kawasan ekonomi baru berbasis pertanian. Sukses ini tidak lepas dari sosok kepemimpinan Anak Agung Ngurah Bagus Kamandalu, Kepala BPTP Bali dalam memberikan pembinaan di kawasan itu.

 

“Bagi saya pendampingan BPTP punya andil dalam besar dalam pengembangan bioindustri di desa Antapan ini” ujar Pak Agung (Begitu panggilan akrabnya) ketika ditanya soal kiat sukses membangunan kawasan boindustri ini.

 

Tidak kurang dari 7 tahun, dia telah menjadi komandan di balai itu, menurutnya, ”memberikan contoh kepada petani dan bersahabat dengan mereka adalah faktor penentu suksesnya program ini”.

 

Di lapangan, Agung tidak pernah merasa bahwa sebagai pimpinan adalah segalahnya. Justru sebagai seorang pemimpin, harus memberikan contoh dan pembinaan langsung kepada petani. Dengan cara ini akan tumbuh arus komunikasi yang sangat lancar antara BPTP dengan petani. Sehingga proses desiminasi dan alih teknologi bisa dijalankan dengan cepat.

 

Dalam pengembangan bioindustri ini, dia memberikan contoh, “jika ada  inovasi baru yang saya dapatkan. Saya tidak segan-segan memberikan arahan langsung kepada petani, Misalnya, dulu saya pernah membawakan resep mengolah sayuran menjadi jus dengan aroma alpukat. Saya bersyukur, inovasi itu menjadi unggulan desa ini”.

 

BPTP Bali membangun MPBI di dua lokasi, yaitu pada Agro Ekosistem Lahan Kering Dataran Rendah Beriklim Kering berlokasi di Desa Bukti Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng dan pada Agro Ekosistem Lahan Kering Dataran Medium Beriklim Basah di Desa Antapan, Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan Bali.

 

MPBI di Desa Bukti di koordinir oleh Ir. Suprio Guntoro, sedangkan yang di Desa Antapan di Koordinir oleh Dr. drh. I Made Rai Yasa, MP.  “Untuk para penanggung jawab ini, saya berikan kewenangan penuh untuk berkreasi menerapkan inovasi Balitbangtan” ujarnya menambahkan.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

Editor : Pimpinan Redaksi

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162