Loading...

Adhikarya Pangan Nusantara 2016

12:36 WIB | Tuesday, 06-December-2016 | Agri Wacana, Agri Wacana | Penulis : Kontributor

Oleh: Eddy Suntoro

 

Untuk menumbuhkan apresiasi dan kesadaran tentang pentingnya masalah ketahanan pangan, sehingga para pemangku di bidang pangan mau mendukung pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan, perlu strategi penumbuhan motivasi dan partisipasi serta pemberdayaan masyarakat.

 

Salah satu metode yang dilakukan selama ini dan teruji mampu memberikan dampak positip terhadap pembangunan pertanian dan ketahanan pangan, adalah melalui metode Pemberian Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN).

 

Tujuan pemberian penghargaan APN setiap tahunnya adalah untuk menumbuhkan dan mendorong semangat kreatifitas serta partisipasi masyarakat untuk mengambil peran lebih besar dalam mewujudkan kedaulatan, kemandirian dan ketahanan pangan. Selain itu memberikan motivasi kepada aparatur pemerintah untuk memacu pembangunan ketahanan pangan di daerah.

 

Cikalbakal penghargaan APN bermula dari Perlombaan Intensifikasi Pertanian (1979), dan terus disempurnakan sesuai dengan kondisi dan perkembangan zaman, khususnya di bidang ketahanan pangan. Penghargaan yang dikoordinasikan oleh Dewan Ketahanan Pangan ini merupakan penghargaan prestige, karena untuk memperolehnya melalui proses panjang mulai dari verifikasi di tingkat kabupaten, terus di provinsi sampai ke tingkat pusat. Tim verifikasi melibatkan Tim Independen dari berbagai profesi seperti akademisi, organisasi masyarakat, media dan lain-lain.

 

Melalui Penghargaan APN, diharapkan akan meningkat kinerja dan prestasi aparat dalam memberdayakan masyarakat melalui upaya peningkatan produksi, untuk mencukupi ketersediaan pangan, memperbaiki rantai pasokan pangan melalui peningkatan kelancaran dan efisiensi distribusi pangan, mengembangkan penganekaragaman konsumsi pangan serta upaya peningkatan kewaspadaan pangan dan perbaikan gizi masyarakat.

 

Dengan penghargaan APN diharapkan pemerintah daerah akan meningkatkan mutu koordinasi untuk mensinergikan peran lembaga di daerah, dan memperkuat jejaring kemitraan antara lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat dalam memantapkan pembangunan ketahanan pangan.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162