Loading...

Badrun, Bubu Aktifnya Ampuh Berantas Tikus

09:31 WIB | Wednesday, 28-December-2016 | Dinamika Petani, Kontak Tani Sukses | Penulis : Kontributor

Dalam budidaya tanaman padi, petani selalu dihadapkan pada serangan organisme pengganggu tumbuhan (OPT). Salah satu hama utama yang menjadi musuh bebuyutan para petani padi adalah tikus. Akibat yang ditimbulkan dari serangan hama ini sangat serius, antara lain dapat menurunkan hasil produksi, pertumbuhan tanaman menjadi lambat, bahkan sampai gagal panen.

 

Beberapa cara yang lazim dilakukan para petani untuk mengendalikan hama ini, di antaranya gropyokan massal menggunakan sistem 5 B (bongkar, buru, bunuh, betulkan kembali bekasnya), pengemposan, penggunaan musuh alami serta rodentisida atau racun tikus.

 

Dari beragamnya cara pengendalian hama tikus ini, para petani tertantang untuk mencari cara mana yang paling efektif dan efisien membunuh banyak tikus. Salah satu petani di Kalimantan Barat yang terpacu untuk membuat sarana pemberantas tikus bernama Badrun Sholihin.

 

Badrun memodifikasi model dan cara pengendalian tikus yang biasa digunakan oleh para petani. Hasil inovasinya itu ia beri nama “Bubu Aktif”. Alat jebakan tikus karya Badrun sangat efektif dan terbukti ampuh untuk menekan serangan hama tikus sampai 90% lebih. Pembuatan serta penggunaan alat bubu Aktif ini pun terbilang sangat mudah dan tidak banyak mengeluarkan biaya.

 

Dalam luasan 1 ha sawah kita cukup menyediakan sekitar 8 alat bubu aktif yang nantinya digunakan oleh 2-4 orang dan kita hanya memerlukan waktu setengah hari untuk mengendalikan hama tikus.

 

Untuk membuat bubu aktif, Badrun hanya membutuhkan pipa paralon berdiameter 2 inci atau seukuran tubuh tikus sawah, dengan panjang 20 cm dan jaring yang telah dibentuk menjadi kantong yang panjangnya 30 cm. Kantong jaring tersebut kemudian diikat kencang pada salah satu ujung pipa paralon. Sedangkan ujung pipa lainnya dibentuk gerigi dengan panjang 5 cm untuk ditancapkan pada lubang tikus.

 

Berkat kreativitas dan kegigihannya dalam menciptakan alat perangkap tikus, Presiden Jokowi menetapkan Badrun sebagai petani teladan pada hari pangan sedunia 2016. Selamat Pak Badrun, teruslah berkreasi demi kemajuan pertanian Indonesia! M Syahri Mubarok/Ira

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162