Loading...

Baru Dilantik, Tugas Langsung Menanti Eselon II

12:29 WIB | Tuesday, 03-July-2018 | Nasional | Penulis : Gesha

Tugas langsung menanti Eselon II

Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Ditjen PSP) memiliki tugas teknis yang berat untuk pembangunan pertanian. Karena itu setelah dilantik, eselon II tersebut langsung bekerja turun lapang.

 

Adalah Rahmanto yang mengisi Direktur Irigasi Pertanian dan Indah Megahwati yang mengisi Direktur Perluasan dan Perlindungan Lahan berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian 474/Kpts/KP.230/2018 tertanggal 2 Juli 2018.

 

Kepada yang baru dilantik, Menteri Pertanian, Amran Sulaiman meminta untuk segera langsung turun ke lapangan dengan beberapa tugas yang sudah menanti. Mulai dari percepatan realisasi pemanfaatan lahan rawa 1 juta hektar, peningkatan pembangunan sumber sumber air (embung, dam parit, long storage dan lain-lain) untuk lahan tadah hujan 4 juta hektar, penguatan perbenihan tanaman pangan, hortikultura, dan perkebunan.

 

Peningkatan Luas Tambah Tanam (LTT), peningkatan Serapan Gabah (Sergap) hingga percepatan program Bekerja juga menjadi tugas yang harus diemban.

 

"Pengembangan lahan rawa 1 juta hektar sudah dilakukan di Sumsel, Kalsel dan beberapa lokasi lainnya dalam waktu dekat. Pengembangan sawah tadah hujan 4 juta ha juga sedang dan akan langsung dilakukan," tutur Direktur Perluasan dan Perlindungan Lahan, Indah Megahwati. 

 

Disamping tugas teknis tersebut, peningkatan LTT juga harus semakin ditingkatkan bersama. Untuk diketahui, LTT Oktober-April 2017/2018 dicapai 11.09 hektar. Lebih tinggi 446 ribu hektar atau naik 4.19 persen dari periode sama di tahun 2016/2017 yang hanya 10.64 juta hektar. 

 

Peningkatan LTT ini harus juga didukung oleh optimalisasi pemanfaatan alsintan yang kini sudah mencapai 98 persen. "Harus ditingkatkan menjadi 100 persen dan pertumbuhan LTT setidaknya mencapai 10 persen," tukas Amran.(gsh)

 

Editor : Gesha

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162