Loading...

BBPP Lembang Ajari Pemuda Trik Jadi Wirausaha Pertanian

16:40 WIB | Monday, 02-October-2017 | Kontak Tani Sukses, Kabar Penas KTNA XV 2017 | Penulis : Kontributor

peserta pelatihan muda

Pembangunan pertanian kini dihadapkan pada tantangan yang tidak ringan. Salah satunya adalah rendahnya kuantitas dan kualitas SDM sektor pertanian. Bahkan kini minat generasi muda terjun ke dunia pertanian juga sangat minim.

 

Kondisi tersebut mengakibatkan angkatan kerja sektor pertanian semakin menurun. Karena itu, perlu strategi khusus dalam pengembangan kuantitas dan kualitas SDM pertanian agar minat kaum muda menekuni dunia pertanian meningkat.

 

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, berupaya memberikan jawaban tantangan tersebut dengan menyelenggarakan Diklat Kewirausahaan bagi Petani Muda. Diklat dilaksanakan selama tujuh hari sejak 13 – 20 September 2017 lalu.

 

Setidaknya ada tiga puluh peserta dari 10 kabupaten/kota di Jawa Barat dan juga DKI Jakarta yaitu Kabupaten Subang, Majalengka, Karawang, Bandung Barat, Indramayu, Kota Bandung, Banjar, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Pusat. Mereka adalah petani muda, baik yang telah memiliki usaha sendiri, mengelola usaha tani bersama orangtua maupun petani  yang belum memiliki usahatani namun berminat untuk menjadi wirausaha bidang pertanian. 

 

Selama tujuh hari berada di BBPP Lembang, peserta mempelajari berbagai materi-materi. Diantaranya pengembangan jiwa kewirausahaan, pengembangan ide usaha agribisnis, penyusunan profil usaha, penentuan jenis usaha, analisa usaha, penyusunan rencana usaha. Mereka juga mempelajari teknik negosiasi, kemitraan usaha, pemasaran hasil.

 

Dengan materi tersebut diharapkan meningkat pengetahuannya. Selain itu, sikap dan keterampilannya bidang kewirausahaan bertambah. Termasuk juga meningkatnya kemampuan manajerial dalam mengelola usahanya dan menumbuhkan wirausaha baru bidang pertanian.

 

Untuk mengetahui success story wirausaha muda, peserta berkunjung ke Kelompok Tani Paprici Segar Barokah yang bergerak dibidang usaha paprika, di Desa Pasirlangu Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Chetty

 

 

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162