Loading...

Berantas Hama Kutu Putih dengan Sereh Wangi

10:46 WIB | Wednesday, 02-November-2016 | Teknologi, Klinik Teknologi | Penulis : Kontributor

Pertanyaan:

 

Saya seorang penyuluh yang setiap hari berinteraksi dengan petani. Ketika melakukan kunjungan, petani banyak mengeluhkan hama kutu putih yang sering menyerang tanaman pepaya sehingga menurunkan hasil panen mereka.

 

Saya mendapat informasi bahwa hama kutu putih bisa diberantas menggunakan bahan-bahan alami. Sehubungan dengan itu saya mohon diinformasikan bahan alami atau pestisida nabati apa yang bisa digunakan untuk mengendalikan hama tersebut serta cara pengendalian lainnya. Atas penjelasan Sinar Tani diucapkan terima kasih.

 

Wahyu Rachma, Aceh

 

 

 

Jawaban

 

Hama kutu putih atau biasa disebut kutu kebul tergolong sebagai hama utama pada pertanaman pepaya. Hama ini mudah dideteksi karena biasanya tampak bergerombol pada bagian bawah daun, di batang atau juga menyelimuti bagian luar buah.

 

Jika tidak cepat dikendalikan, keberadaan hama kutu putih ini akan dapat menimbulkan kerugian karena hama ini bisa menghisap cairan yang ada di daun sehingga mengganggu proses fatosintesis pada daun. Pada kondisi serangan berat, seluruh permukaan bawah daun penuh ditutupi kutu putih sehingga membuat daun mengering dan berlanjut pada kematian tanaman.

 

Berbagai upaya bisa dilakukan untuk pengendalian hama kutu putih pada tanaman pepaya, di antaranya dengan menggunakan pestisida nabati. Informasi yang diperoleh dari Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika Badan Litbang Pertanian Kementan menyebutkan, pengendalian hama kutu putih dapat dilakukan dengan menggunakan minyak atsiri sereh wangi (Cymbopogon nardus).

 

Beberapa keuntungan menggunakan minyak atsiri sereh wangi yaitu (1) merupakan bahan alami yang mudah terurai sehingga aman terhadap lingkungan dan produk pertanian, (2) mudah didapatkan di pasaran karena banyak usaha rumah tangga yang bergerak dalam bidang produksi minyak atsiri sereh wangi, (3) harganya relatif lebih murah dibanding dengan pestisida sintetik, (4) aplikasinya relatif mudah.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162