Loading...

Berantas Pungli, Badan Karantina Pertanian Siapkan Satgas Anti Pungli

12:24 WIB | Monday, 17-October-2016 | Karantina, Non Komoditi | Penulis : Tiara Dianing Tyas

Kepala Badan Karantina Pertanian, Banun Harpini saat pelantikan

Pemberantasan pungli alias pungutan liar kini menjadi salah satu komitmen pemerintah. Selama ini pungli menjadi penyakit dalam pelayanan kepada masyarakat. Untuk membersihkan oknum yang kerap melakukan pungli, Badan Karantina Pertanian kini memiliki Satgas Anti Pungli.

 

"Hari ini saya telah menerbitkan Instruksi Pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Anti Pungli di setiap Unit Pelaksana Teknis (UPT). Yang pelaporannya online langsung kepada Kepala Badan Karantina Pertanian," kata Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Banun Harpini saat melantik 35 pegawai di lingkungan Barantan. Pelantikan dilakukan di Ruang Nusantara, Gedung E Kementerian Pertanian Jakarta, beberapa waktu lalu.

 

Bukan hanya itu Banun menginstruksikan para pejabat turun kelapangan untuk pastikan sistem perkarantinaan berjalan efektif, efisien dan tanpa Pungutan Liar (Pungli). Bagi para pejabat yang menduduki jabatan, Banun mengingatkan kembali sumpah yang diucapkan dan dikukuhkan rohaniawan agar dilaksanakan.

 

"Saya mengingatkan kepada para pejabat baru untuk melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada KPK sesuai dengan aturan yang ada," katanya. Menurut Banun, mutasi, rotasi dan promosi adalah hal yang lumrah dari satu siklus organisasi. Hal ini dilakukan untuk mengisi jabatan-jabatan yang kosong karena purnabakti, juga untuk mendinamisasi organisasi itu sendiri.

 

Sebagai informasi bahwa sejak 2014 -2016 sudah 107 pegawai/petugas karantina yang diberikan sanksi. Sebanyak 24 orang dikenakan sanksi disiplin pegawai tingkat berat. Dari 24 sanksi tingkat berat, delapan orang diberhentikan sebagai PNS, dua orang pemberhentian dari jabatan dan 14 orang diturunkan pangkatnya.

 

Sedangkan sanksi tingkat sedang sebanyak delapan orang dan sanksi tingkat ringan 75 orang. “Kami senantiasa berkomitmen untuk menegakkan disiplin pegawai dan dalam pemberantasan pungli,” kata Banun.  Tia

Editor : Ahmad Soim

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162