Loading...

Berguru Pertanian Modern ke Negeri Tirai Bambu

11:17 WIB | Thursday, 29-December-2016 | Nasional | Penulis : Kontributor

Tuntutlah ilmu hingga ke Negeri China. Ungkapan ini menggambarkan bahwa China yang terkenal dengan sebutan Negeri Tirai Bambu merupakan salah satu pusat ilmu. Salah satunya teknologi pertanian.

 

Untuk mengetahui sejauh mana perkembangan pertanian modern di negeri tersebut, 20 PNS Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian berkesempatan mengikuti China Aid Seminar on Modern Agricultural Economic Management for Indonesia. Kegiatan itu berlangsung dari 11-26 Oktober 2016 disponsori Kementerian Luar Negeri Pemerintah Republik Rakyat China.

 

Sebagai penyelenggara kegiatan Foreign Economic Cooperation Center (FECC) Ministry of Agriculture of the people’s Republic of China atau Kementerian Pertanian Pemerintah Republik Rakyat China. Mr. Hu Yan’an, General Manajer FECC sambutannya, Hu Yan’an mengatakan, tujuan kegiatan atau pelatihan ini adalah mempererat hubungan persahabatan dan kerjasama antara Indonesia dan China.

 

Materi kegiatan pelatihan ini yakni, Transformation Chinesee Agricultural, Rural Marketing System and Policy, dan Food Security and The Structural Adjusment of Modern Agricultural. Selain mendapat materi, di Beijing peserta berkesempatan berkunjung ke kawasan heritage China yakni The Great Wall, Tiananmen Squere, Forbidden City, National Stadium and National Aquatic, Beijing Zoo dan menyaksikan langsung atraksi Chinese Acrobatic sebagai salah satu seni akrobat terbaik dunia.

 

Saat ke Kota Taiyuan, Provinsi Shanzxi, peserta berkunjungan ke Dahee Modern Agricultural Demonstration Park. Taman yang memiliki luas 1,2 hektar (ha) memiliki dua model utama pada bentuk rumah kaca yaitu berupa multispan kaca dan rumah kaca surya dengan teknologi canggih dari dalam dan luar negeri. Taman ini sebagai laboratorium pengembangan pengetahuan dan teknologi pertanian agar dikenal generasi mendatang.

 

Kunjungan berikutnya masih di Shanzxi, tepatnya wilayah Beiwang Town, Taigu County yakni Juxin Modern Agriculture Demonstration Park. Taman yang dimiliki perusahaan swasta ini tujuannya untuk pengembangan pengetahuan dan teknologi pertanian dengan nilai investasi yang tinggi.

 

Selanjutnya peserta mengunjungi Cooperative of Professional Farming di Xiliuzhi, Qixian County. Sebagai koperasi petani yang dikelola secara profesional ini memiliki Green House dengan teknologi canggih, sehingga menghasil beragam tanaman sayur dan buah tanpa terkendala faktor iklim dan cuaca. Produksi pertanian yang dihasilkan dijual ke pemerintah. Bahkan pemerintah memberikan subsidi harga atas produk yang telah dihasilkan.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162