Loading...

Bertanam Hidroponik Bagi Pemula

13:43 WIB | Tuesday, 13-June-2017 | Teknologi, Klinik Teknologi | Penulis : Gesha

Pertanyaan:

 

Salam Pertanian Tabloid Sinar Tani. Perkenalkan saya seorang ibu rumah tangga yang kini adalah istri dari ketua RT di lingkungan tempat tinggal kami. Saya ingin sekali ibu-ibu rumah tangga di lingkungan kami bisa berkreasi dari pekarangannya lewat kegiatan berkebun sayur dengan sistem hidroponik.

 

Mungkin Tabloid Sinar Tani bisa memberikan penjelasan bagaimana cara memulai bertanam hidroponik yang mudah bagi pemula? Mudah-mudahan apa yang diinfokan Tabloid Sinar Tani bisa kami praktekkan langsung di lingkungan kami. Terima Kasih

 

Ummi Hafiz-Cicurug

 

 

 

Jawaban:

 

Terima kasih atas atensi dan kesetiaan ibu menjadi pembaca Tabloid Sinar Tani. Pemanfaatan pekarangan memang tengah menjadi perhatian utama pemerintah dalam pemenuhan bahan pangan skala rumah tangga.

 

Salah satu upaya pemanfaatan halaman rumah adalah bertanam menggunakan sistem hidroponik. Cara bertanam dengan media air ini sangat cocok untuk mengusahakan pertanaman sayuran seperti cabai, kangkung, tomat dan lain-lain.

 

Menariknya, dengan teknik hidroponik ini kita tidak harus menggunakan peralatan atau bahan-bahan yang sulit diperoleh tapi hanya memanfaatkan apa yang sudah ada di sekitar rumah seperti botol bekas, botol gantung dan media tanam sederhana lainnya.

 

Untuk melaksanakan kegiatan penanaman sayuran dengan cara hidroponik perlu disiapkana alat dan bahannya, meliputi :

 

* Gunting, Botol Bekas air mineral berukuran 600 ml

 

* Sumbu kompor (jika tidak ada bisa menggunakan kain yang tidak terpakai)

 

* Spon/Sekam Bakar/Pecahan Bata Merah yang nantinya akan digunakan sebagai media untuk menanam

 

* Bibit tanaman (Kita gunakan kangkung).

 

 

 

Tahapan Pembuatan Sarana Bertanam

 

-    Potong botol bekas menjadi dua bagian dengan memotong bagian tengah botol.

 

-    Lubangi tutup botol membentuk celah yang nantinya akan menjadi jalur untuk sumbu.

 

- Masukkan sumbu ke dalam lubang tutup botol. Lanjutkan dengan memasukkan bagian atas botol yang sudah dipasangi sumbu ke dalam bagian bawah botol dengan terbalik (posisi tutup botol berada di bawah).

 

-    Sumbu yang sudah dipasang di dalam botol ini nantinya akan mengalirkan cairan nutrisi hidroponik di bagian bawah botol ke tanaman. (lihat gambar).

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162