Loading...

BPTP Balitbangtan Kaltim Serahkan 6000 bibit Lada dan Kelapa Unggul Samarinda

15:59 WIB | Tuesday, 10-July-2018 | Inovasi Teknologi, Teknologi | Penulis : Kontributor

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Kaltim kembali menggelar penyerahan bibit varitas unggul gratis. Kali ini bibit yg diserahkan 5.000 bibit lada varietas Malonan 1 dan 1.000 bibit kelapa Varietas Kramat kepada 4 kelompok tani yang terdaftar sebagai Calon Petani dan Calon Lokasi (CPCL) oleh Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur.

 

 

 

Hal ini dikemukakan Kepala BPTP Kaltim Dr. Muhamad Amin S.PI, M.Si saat menyerahkan secara simbolis bibit tersebut kepada kelompok tani penerima yang disaksikan oleh perwakilan dari Dinas pertanian Kab.Kutai kartanegara, Dinas Pertanian Kota Balikpapan, Balai penyuluhan pertanian DesaTririp Kec. Balikpapan Timur.

 


Muh. Amin menjelaskan bahwa BPTP Kaltim menghasilkan varitas tersebut melalui proses yang terstandarisasi dan telah memperoleh sertifikasi.   BPTP akan terus melakukan pendampingan kepada petani, bilamana ada permasalahan dalam pengembangannya.

 

 

 

Petani lanjutnya  juga dapat mengunjungi  BPTP Kaltim dengan belajar langsung di KP Samboja.

 

 

 

Tahun perbenihan ini BPTP Kaltim memproduksi 17.000 Bibit Lada Varietas Malonan 1, 5.000 bibit Kakao, 4.000 bibit Kelapa dalam dan 20.000 bibit durian.

 

 

 

Diharapkan kedepan bibit tersebut dapat berkembang sehinggga mampu meningkatan produksi, produktivitas dari petani pengembang perkebunan khususnya di Kalimantan Timur.

 

Selain dari bibit tanaman tahunan, BPTP Kaltim juga menyerahkan bibit tanaman sayur pekarangan seperti Bibit cabai rawit, cabai keriting, cabai besar, tomat, terong untuk menciptakan kawasan rumah pangan lestari. Benih tersebut juga diberikan secara gratis kepada Kelompok tani wanita CPCL dari Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalimantan Timur. Etha/Som

 

Editor : Pimpinan Redaksi

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162