Loading...

Buang Racun dalam Tubuh, Kunyalah Biji Kopi

12:31 WIB | Tuesday, 17-October-2017 | Tips & Santai, Non Komoditi | Penulis : Gesha

Sering merasa organ pencernaan bermasalah? Atau punya riwayat maag? Mungkin Anda bisa mencoba terapi menggunakan roasting kopi yang dikunyah langsung.

 

Terapi ini ternyata unik dan mampu menarik minat pengunjung stand Kopi Gayo binaan TNI AD dalam Rembug Kopi Nusantara, akhir pekan lalu. Pengunjung yang datang akan direfleksi tangannya dan diminta mengunyah tiga butir kopi yang sudah diroasting sebelumnya, tanpa minum air putih.

 

Babinsa Koramil-11/Wih Pesam Serma, Tri Agus yange juga seorang terapis menuturkan, kopi memiliki banyak manfaat kesehatan jika diolah maupun dikonsumsi secara benar. “Biji kopi yang sudah di roasting (disangrai) bisa membuang racun di dalam tubuh. Jika kita konsumsi 3 biji kopi, racun-racun di dalam tubuh bisa diserap biji dan keluar melalui tinja atau air seni," ungkap Serma Tri.

 

Terapi ini bisa dilakukan karena kafein dan teofilin yang terkandung dalam kopi, mampu memperlebar saluran empedu, sehingga meningkatkan fungsi pengeluaran melalui usus.

 

Mengenai level roasting yang disarankan untuk terapi ini adalah dark roast. Yakni, warna biji kopi lebih gelap dengan kandungan minyak yang nampak di permukaan biji kopi, serta ukuran yang lebih besar dibandingkan kondisi saat biji kopi masih mentah. 

 

"Apalagi untuk penderita darah rendah. Kopi merupakan minuman yang baik untuk orang yang menderita darah rendah, karena kandungan kafeinnya. Kafein di dalam kopi dapat meningkatkan kerja denyut jantung," jelasnya.

 

Denyut jantung meningkat sehingga dapat mempompa darah lebih cepat dan akhirnya meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Minum secangkir kopi setiap hari akan membantu meningkatkan tekanan darah rendah. Tapi Serma Tri mengingatkan, jangan sampai lebih dari satu kali. "Makanya, minum kopi yang disangrai dan digiling, bukan digunting (sachet)," ujar Serma Tri. Gsh

 

 

 

 

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162