Loading...

Budidaya Cabai Jadi Gampang dengan Mesin Penggulud dan Pemasang Mulsa

13:46 WIB | Tuesday, 08-May-2018 | Iptek, Teknologi | Penulis : Kontributor

Bertanam cabai kini tak hanya dilakukan pada musim penghujan, tetapi bisa juga dilakukan pada musim kemarau. Hanya saja perlu pemasangan mulsa pada guludan tanaman. Namun, waktu pemasangan mulsa yang cukup lama menjadikan petani enggan memasangnya. Karena itu, Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) merakit sendiri mesin pengulud dan pemasang mulsa sekaligus.

 

Dalam berbagai penelitian, pemasangan mulsa sudah terbukti bisa menurunkan evaporasi air tanah pada pertanaman cabai sehingga dapat menghemat air khususnya di wilayah sulit air maupun bertanam saat kemarau. Pemasangan mulsa juga dapat mengendalikan pertumbuhan gulma, mengurangi pemadatan tanah karena tetesan air hujan atau siraman air, menaikkan konsentrasi CO2 di sekitar tanaman, mengurangi pelindian unsur hara, dan menaikkan temperatur tanah serta kalis penyakit.

 

Bagi petani yang sudah terbiasa menggunakan mulsa, penanaman cabai umumnya dilakukan di atas bedengan/guludan yang tingginya 15-30 cm dan lebarnya 75-80 cm dan di atas permukaan bedengan ditutup dengan mulsa plastik. Pembuatan guludan dan pemasangan mulsa plastik untuk penanaman cabai pada umumnya dilakukan secara manual sehingga membutuhkan tenaga kerja cukup banyak karena produktivitas dan efisiensi kerjanya rendah. Dalam pembuatan bedengan dan pemasangan mulsa plastik untuk penanaman cabai dibutuhkan tenaga kerja sekitar 30 - 40 HOK per hektar.

 

Guna meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja di dalam pembuatan bedengan dan pemasangan mulsa plastik, Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) mengembangkan mesin untuk pembuatan bedengan atau guludan dan mesin untuk pemasangan mulsa plastik.

 

Mesin ini bekerja sesuai dengan kondisi spesifik lokasi dan berpenggerak traktor roda dua agar mobilitas mesin di lapang bisa lebih efisien. Mesin penggulud dilengkapi dengan bajak rotari untuk pengolahan tanah dan pengguludan dengan lebar kerja dapat diatur dari 60-80 cm, dan selanjutnya tanah hasil rotari dibentuk guludan dengan tinggi rata-rata 20-30 cm dengan lebar guludan dasar 75-80 cm dan bagian atas 60-70 cm.

 

Fungsi dan Keunggulan

 

Mesin pemasang mulsa plastik berfungsi untuk memasang mulsa plastik pada permukaan guludan. Mesin ini dapat memasang mulsa plastik dengan lebar plastik 80 - 120 cm. Cara kerja mesin pemasang mulsa ini adalah plastik mulsa dipasangkan pada dudukan roll yang dapat berputar. Pada mesin pemasang mulsa dilengkapi dengan 2 unit pembuka alur bagian depan, 2 unit roda penekan mulsa plastik, silinder penekan, dan 2 unit singkal penutup bagian tepi mulsa plastik.

 

Gulungan mulsa plastik yang sudah dipasangkan didudukan roll bagian ujung plastik ditarik ke belakang melalui bawah silinder penekan dan roda penekan sampai ke bagian ujung luar bedengan. Bagian tepi mulsa plastik dibenamkan ke dalam tanah atau ditutup dengan tanah di bagian ujung bedengan. Agar lebih kuat bagian ujung plastik yang dibenamkan ke bagian ujung bedengan diberi penguat berupa patok bambu supaya tidak mudah lepas pada saat mulsa plastik ditarik maju.

 

Pada saat mesin dijalankan dan bergerak maju, mulsa plastik akan terbentang sepanjang guludan dan menutupi permukaan guludan. Bentangan plastik bagian kiri dan kanan guludan ditekan oleh roda penekan menempel di atas permukaan tanah dan selanjutnya bagian tepi kiri dan kanan plastik akan ditutup tanah oleh bagian singkal penutup. Setelah sampai di ujung bedengan, mulsa plastik dipotong dengan pisau atau gunting, dan kemudian bagian ujungnya dibenamkan ke dalam tanah di bagian ujung guludan.

 

Mesin penggulud dan pemasang mulsa plastik ini sangat cocok dan efektif digunakan di tingkat petani dengan luas area lahan yang rata-rata tidak terlalu luas, karena alat ini ditarik oleh traktor kecil roda dua sehingga lebih mudah untuk dioperasikan. Tenaga penggeraknya adalah motor bensin 7,5 HP dan dilengkapi dengan roda karet. Stang kemudi dari traktor tersebut dapat diputar sejauh 360 derajat. Kapasitas kerja mesin penggulud dan pemasang mulsa plastik ini sekitar 15-20 jam/ha tergantung pada kondisi lahan (jenis tanah dan ukuran petakan lahan). (Suparlan dan Daragantina Nursani/Lis)

Editor : Pimpinan Redaksi

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162