Loading...

Cara Benar Budidaya Padi Gogo

10:59 WIB | Tuesday, 08-November-2016 | Teknologi, Klinik Teknologi | Penulis : Kontributor

Pertanyaaan :

 

Akhir-akhir ini banyak media yang menampilkan kehebatan varietas padi hasil rakitan IPB yang diberi nama IPB 3S. Bahkan sampai Presiden Jokowi menganjurkan agar petani menanam varietas padi ini karena bisa mendatangkan hasil panen yang lebih tinggi dan bisa ditanam di segala jenis lahan.

 

Di daerah saya kegiatan usaha tani padi gogo sudah sangat meluas. Sebagai petani, saya tertarik juga untuk bisa melaksanakan usaha budidaya padi gogo (di lahan tegalan) menggunakan varietas padi IPB 3S dengan harapan pendapatan saya bisa meningkat. Tetapi masalahnya, saya tidak tahu bagaimana cara berbudidaya padi gogo yang benar. Mohon penjelasan dari Sinar Tani.

 

Sartika, Padang Lawas Utara

 

 

 

Jawaban :

 

Bisa dimengerti bila presiden kita menganjurkan petani menanam varietas padi IPB 3S karena di lapangan sudah terbukti varietas padi yang dirilis tahun 2012 tersebut menunjukkan performa yang baik, antara lain mampu menghasilkan hingga 11-13 ton gabah kering panen (GKP) per hektar.

 

Varietas padi ini termasuk jenis padi yang tidak manja dan cocok ditanam di berbagai jenis lahan termasuk di lahan tadah hujan dengan ketersediaan air yang sangat terbatas. Itu berarti varietas IPB 3S bisa juga digunakan oleh petani yang melaksanakan usaha budidaya padi gogo.

 

Pada dasarnya tahapan budidaya padi gogo (di lahan tegalan) tak jauh berbeda dengan usaha tani padi di lahan sawah, meliputi kegiatan pengolahan tanah, penanaman serta tahapan pemeliharaan tanaman (penyiangan, pemupukan dan pemberantasan hama/penyakit).

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162