Loading...

Cara Membuat Tepung Sukun

10:33 WIB | Tuesday, 15-November-2016 | Non Komoditi, Tips & Santai | Penulis : Ahmad Soim

Sukun merupakan salah satu jenis pangan lokal yang dapat dikembangkan menjadi sumber pangan alternatif. Apalagi kandungan fosfor dan energinya tidak berbeda dengan beras. Sukun memiliki keunggulan nilai gizi dibandingkan ubi kayu maupun ubi jalar.

 

Fosfor memiliki peranan penting dalam pembentukan komponen sel yang esensial, berperan dalam pelepasan energi, karbohidrat dan lemak serta mempertahankan keseimbangan cairan tubuh.

 

Sukun mengandung karbohidrat yang tinggi dan kaya akan mineral dan vitamin. Setiap 100 gram sukun mengandung 27,12 persen karbohidrat, lemak 1,48 persen, protein 1,65 persen, energi sebanyak 108 kalori, serta asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh.

 

Umumnya masyarakat mengolah sukun sebatas makanan camilan seperti sukun rebus, sukun goreng, keripik sukun, dan lainnya. Di antara kelebihannya, sukun memiliki kekurangan yakni mudah busuk setelah dipetik, sehingga pengolahan yang cukup efektif adalah dengan menjadikannya tepung.

 

“Kesulitan pembuatan tepung ini adalah getah sukun yang mengakibatkan rasanya agak getir. Untuk menghilangkan getahnya, umumnya dilakukan perendaman dengan starter asam laktat,” ujar Kepala Bidang Program dan Evaluasi Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca Panen Pertanian, Sri Widowati.

 

Proses Pengolahan

 

Proses pembuatan tepung sukun diawali dengan pemilihan sukun. Sukun matang optimum segera dilakukan pengupasan, pencucian dan pemotongan bentuk juring. Kemudian diblansir di dalam dandang selama sepuluh menit.

 

Selanjutnya dilakukan penyawutan, perendaman di dalam larutan sodium meta bisulfit selama satu jam. Lalu dicuci, dilakukan pengepresan dan pengeringan sawut hingga kadar air maksimum 12 persen. “Aneka olahan pangan yang terbuat dari tepung sukun yakni beragam bihun atau mie sukun, eggroll, aneka kue, bubur instan, dan lain-lain,” tukas profesor riset tersebut. Tia/Yul

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162