Loading...

Cara Memelihara Ayam KUB

13:32 WIB | Tuesday, 04-July-2017 | Teknologi, Klinik Teknologi | Penulis : Ika Rahayu

Tanya:

 

 Saya seorang staf pengajar di perguruan tinggi swasta pernah menjalankan usaha peternakan ayam kampung di dekat rumah. Dengan teknik pemeliharaan secara tradisional Alhamdulillah populasi ayam saya bisa berkembang hingga mencapai sekitar 400 ekor.

 

Saya menghentikan usaha karena harga pakan ayam terus naik padahal saya hanya mengandalkan pemasukan harian dari menjual telur ayam kampung. Saya mendengar Kementerian Pertanian telah menghasilkan ayam KUB yang pertumbuhan badannya cepat sehingga cepat bisa dipanen.

 

Mohon dijelaskan bagaimana cara pemeliharaan ayam KUB dan di mana saya bisa mendapatkan bibitnya? Atas penjelasan redaksi Sinar Tani diucapkan terima kasih.

 

Yuswardi, Pancoran Mas Depok

 

 

 

Jawaban :

 

Benar sekali Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian telah menghasilkan strain ayam bukan ras yang diberi nama “Ayam Kampung Unggul Balitnak” atau popular disebut ayam KUB.

 

Ayam KUB merupakan hasil seleksi ayam lokal di Jawa Barat selama enam generasi di mana satu generasi memerlukan waktu selama 12-18 bulan. Beberapa karakteristik dan keunggulan jenis ayam ini di antaranya warna bulu yang beragam seperti ayam kampung pada umumnya, produksi telur per tahunnya bisa mencapai 160-180 butir per ekor dan lebih tahan terhadap serangan penyakit.

 

Menurut informasi yang diperoleh dari Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Kementan, ayam KUB bisa dipelihara sebagai ayam kampung potong atau sebagai bibit indukan. Untuk pemeliharaan sebagai ayam kampung potong biasanya dilakukan secara intensif (skala usaha minimal 100-500 ekor) selama 10-12 minggu. Yang harus dipersiapkan untuk pemeliharaan masa brooder (pembesaran) selama 0-4 minggu sebagai berikut:

 

- Siapkan kandang brooder (pemanasan bisa dengan lampu bohlam atau pemanas gas bila pemeliharaan dalam jumlah banyak),

 

- Kandang diberikan alas sekam yang ditutup dengan kertas koran.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162