Loading...

Cara Minum Kopi yang Sehat

09:38 WIB | Tuesday, 19-September-2017 | Non Komoditi, Tips & Santai | Penulis : Julianto

Industri kopi terus berkembang. Berbagai merek ditawarkan. Dari mulai kopi plus gula, kopi plus susu dan gula, kopi krim, kopi jahe. Kini juga banyak bermunculan kopi putih (white coffe).

 

Bagaimana sebenarnya kopi-kopi tersebut? Prof Achmad Subagio, Ketua Lembaga Penelitian Universitas Jember, Jawa Timur berpendapat, kopi instan yang dikemas dan mengandung krimer justru bisa menimbulkan efek negatif dalam tubuh.

 

Kandungan krimer nabati jika dikonsumsi berlebihan dalam jangka panjang berpotensi menimbulkan hipertensi dan penyumbatan pembuluh darah. Pasalnya, krimer nabati tidak dapat dicerna sempurna ke tubuh.

 

“Peragaan percobaan kecil dengan tiga buah lilin menyala, yang ditaburi krimer nabati di atasnya nyalanya semakin membesar, bukannya mati. Ini karena krimer nabati bersifat eksplosif, mudah meledak atau eksplosif tinggi,” katanya.

 

Karena itu jika berlebihan mengonsumsi kopi krimer, sama halnya memasukkan kolesterol kering dalam tubuh, karena susah dicerna tubuh. “Boleh mengkonsumsi kopi instan, namun jangan banyak-banyak,” ujarnya.

 

Lalu bagaimana dengan white coffee? White coffee, sebenarnya bukan jenis kopi putih. Menurut dia, warna putih itu berasal dari estrak gula atau minyak nabati yang diekstraksi. Proses ekstraksi bahan tersebut menggunakan bahan kimia.

 

Proses pembuatannya juga tidak memenuhi standar kesehatan. Sebab, kopi disangrai dengan suhu kecil, sehingga kandungan kafein dan asam tidak turun. Hal itu dilakukan agar warna bubuk yang dihasilkan tidak terlalu hitam. “Ini tidak bagus untuk kesehatan, karena bisa menyebabkan kanker,” katanya.

 

Minum yang Tepat

 

Subagio menyarankan, mengkonsumsi kopi hendaknya secukupnya saja dan tidak berlebihan. Disarankan dikonsumsi tanpa gula dua kali sehari. Secangkir di pagi hari setelah sarapan dan secangkir sore hari setelah makan. 

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162