Loading...

Cara Mudah Bedakan Daging Sapi dan Daging Celeng

12:02 WIB | Sunday, 23-July-2017 | Non Komoditi, Tips & Santai | Penulis : Clara Agustin

Tidak dapat dipungkiri bahwa daging celeng (babi hutan) ilegal masih beredar di masyarakat Indonesia. Tentu ini membuat resah karena sebagian besar masyarakat Indonesia adalah umat muslim yang mengharamkan mengkonsumsi daging babi termasuk celeng. Masih relatif mahalnya harga daging sapi segar di pasaran, memunculkan praktek ‘nakal’ oknum pedagang antara lain mengoplos daging sapi dengan daging celeng.

 

Untuk membedakan mana daging sapi dan mana daging celeng, tidak perlu harus ke laboratorium. Cukup dengan pengamatan fisik daging, kita sudah dapat membedakannya. Caranya dengan mengamati : warna, serat, penampakan lemak, tekstur daging dan aromanya.

 

Dari segi warna, daging celeng warnanya lebih pucat dibandingkan daging sapi, warna pucatnya hampir menyerupai daging ayam. Tetapi para pedagang ‘nakal’ terkadang mengkamufalsenya dengan melumurkannya dengan darah sapi, walaupun ketika direndam air warnanya menjadi pudar.

 

Serat daging sapi tampak padat dan garis-garis seratnya terlihat jelas. Sedangkan daging celeng lebih halus dan mudah dipisahkan antar seratnya.

 

Dari penampakan lemak, daging celeng memiliki tekstur lemak yang lebih elastis. Sedangkan lemak sapi kaku dan berbentuk. Selain itu, lemak pada daging celeng sangat basah dan sulit dilepas dari dagingnya sementara lemak daging sapi agak kering dan tampak berserat.

 

Dari segi tekstur, daging sapi mempunyai tekstur yang lebih kakau dan padat. Sedangkan daging celeng teksturnya lembek dan mudah diregangkan.

 

Memperhatikan aromanya, daging celeng memiliki aroma anyir, sementara daging sapi aromanya khas. Segi aroma ini merupakan senjata ampuh untuk membedakan antar kedua daging. Walaupun sudah dikamuflase, tetapi aroma antar kedua daging berbeda. Cla/Ira

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162