Loading...

Cegah Ancaman Bioterorisme, Puluhan Jenis Benih Ilegal Dimusnahkan

17:47 WIB | Friday, 12-January-2018 | Karantina | Penulis : Kontributor

 

 

Untuk mencegah ancaman bioterorisme masuk ke Indonesia khususnya Jawa Timur , Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Surabaya melakukan pemusnahan puluhan jenis benih/bibit dan bahan asal hewan dari luar negeri.

 

 

 

 

 

Berbagai jenis benih/bibit tersebut dimasukkan melalui Bandara Internasional Juanda  dan jasa kiriman (Juanda Mail Processing Centre /JMPC) di Sidoarjo tanpa dilengkapi dokumen karantina.

 

 

 

Selama kurun waktu Agustus - Desember 2017  telah dilakukan 41 kali penahanan. Penahanan dapat dilakukan atas koordinasi dan kerjasama yang baik antara Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Karantina Surabaya, Bea Cukai dan JMPC.

 

 

 

Benih/Bibit yang masuk didominasi tanaman pangan (Padi, Jagung, dan Kedelai), Tanaman Hias (Nepenthers Sp/Kantong Semar, Biji Bunga Matahari, bibit Ginseng, dan sebagainya), serta Buah-Buahan (Durian, Jeruk, dan Semangka). Komoditas tersebut dibawa/dikirimkan dari Malaysia, China, Singapura,  India, Kanada, Hongkong, Korea, dan sebagainya.

 

 

 

Berdasarkan risikonya, benih/bibit tanaman merupakan risiko tinggi, sehingga apabila terlanjur ditanam dan mengandung penyakit maka akan sulit untuk dikendalikan.

 

 

 

Sedangkan bahan asal hewan yang dilulintaskan terdiri dari 67 kg bulu Merak dari Malaysia, 30 kg Bulu Angsa dan 25 kg daging babi.

 

 

 

Kepala BBKP Surabaya, Dr. Ir. Musyaffak Fauzi, SH.MSi menyatakan bahwa keseluruhan komoditas pertanian tersebut tanpa  dilengkapi dokumen karantina sehingga melanggar UU No 12 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan dan dilakukan tindakan pemusnahan.

 

 

 

Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar dan ditimbun di Instalasi Karantina Hewan (IKH) di Tandes, Surabaya pada 10 Januari 2018.

 

 

 

Pemusnahan dipimpin oleh drh Heli Alfiantoro dan disaksikan oleh Kepala Balai, Perwakilan dari Bea Cukai Bandara Juanda, Angkasa Pura, POMAL, Korwas PPNS Polda Jatim, JMPC,  serta  Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan - Juanda. Herny

Editor : Pimpinan Redaksi

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162