Loading...

Cyber Extention Sebagai Media Penyuluhan

10:08 WIB | Tuesday, 06-December-2016 | Mimbar Penyuluhan | Penulis : Kontributor

Cyber Extension merupakan media penyuluhan yang cukup efisien dan efektif karena dengan sekali menguploud materi penyuluhan maka sedetik kemudian materi tersebut dapat dibaca atau diunduh oleh pengguna di seluruh dunia. Cyber Extentionbukanlah sesuatu hal yang aneh atau asing di kalangan Penyuluh tetapi harus merupakan tantangan untuk di pelajari dan diselami lebih dalam lagi.

 

Era informasi digital melalui media elektronik dan alur informasi melalui sistem jaringan dunia maya telah merambah sampai ke pelosok-pelosok desa. Di dunia pertanian khususnya, sebagian petani, kelompoktani/Gapoktan, sudah mulai melakukan transaksi produksi pertanian melalui telephone seluler (handpone), bahkan beberapa Gapoktan melakukannya dengan memanfaatkan jaringan internet. Kondisi ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kinerja penyuluh pertanian, yang sebagian besar masih menggunakan cara tradisional dalam melakukan kegiatan penyuluhan di lapangan.

 

Materi penyuluhan yang selama ini didistribusikan baik melalui media cetak (koran, brosur, leaflet, dll), maupun media elektronik (dalam bentuk iklan tayangan, film, saung tani, dll) memerlukan biaya yang relatif besar dan jumlahnya sangat terbatas.

 

Apa itu Cyber Extension

 

Cyber Extension merupakan mimbar penyuluhan pertanian yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pelayanan data serta penyampaian materi dan informasi pertanian khususnya dalam membantu memperlancar dan mempermudah fasilitasi kepada pelaku penyuluhan terutama para penyuluh pertanian lapangan, baik penyuluh pertanian PNS, Swasta, maupun Swadaya.

 

Cyber Extension di dunia maya bisa diakses melalui www.cybex.pertanian.go.id. Selain itu cybex yang dimilki Pusat Penyuluhan Pertanian Kementerian Pertanian, Tabloid Sinar Tani juga memiliki cyber extension yang bisa diakses melalui www.tabloidsinartani.com atau bisa diunduh aplikasi Tabloid Sinar Tani berbasis android di playstore handphone Anda.

 

Selain itu juga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para penyuluh pertanian lapangan melalui dukungan penyediaan materi dan informasi yang memadai sebagai bahan penyuluhan  pada petani.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162