Loading...

Data Pertanian

11:40 WIB | Monday, 24-July-2017 | Kolom, Agri Wacana | Penulis : Kontributor

Data produksi beras nasional sempat menjadi perdebatan banyak pihak terutama terkait dengan target swasembada beras dan kebijakan impor beras. Banyak pihak menilai, angka yang dikeluarkan Kementerian Pertanian, Bulog maupun Badan Pusat Statistik (BPS) tidak akurat dan tidak sesuai fakta di lapangan.

 

Ketidakakuratan ini yang memunculkan distorsi dalam kebijakan impor beras. Pihak lain menilai, gugatan itu hanya ‘suara sumbang’ mereka yang tidak bisa menikmati manisnya impor beras. Sementara kalangan akademisi mempertanyakan akurasi data pangan yang disebabkan oleh keterbatasan kemampuan jaringan aparat pemerintah dalam mengumpulkan data di lapangan.

 

Apa pun penilaiannya, yang jelas data produksi dan konsumsi beras memang sangat penting, bukan saja sebagai dasar penentuan kebijakan pemerintah dalam stok beras nasional tetapi juga menyangkut masa depan kehidupan petani.

 

Data produksi dan konsumsi beras yang tepat dan akurat akan melahirkan kebijakan yang tepat dalam produksi dan stok beras, sejak dari hulu hingga hilir. Data yang akurat akan melahirkan kebijakan yang tepat dan tidak bias, dan tentunya akan membawa manfaat positif bagi konsumen maupun petani. Sebaliknya, bila data yang menjadi dasar dalam penentuan kebijakan ‘salah’ maka bisa dipastikan kebijakan yang akan ditempuh juga cenderung akan melenceng.

 

Oleh karena itu, kita sambut gembira kesungguhan pemerintah untuk memperbaiki metode penghitungan untuk produksi beras. BPS telah menguji motede baru ini dengan kerangka sampling area sejak tahun 2015. Akurasi metode ini dinilai lebih baik karena penghitungan luas panen melalui pengamatan dan mengalikannya dengan produktivitas ubinan.

 

Metode ini menggunakan citra satelit, namun mensyaratkan pengecekan lapangan oleh petugas, dan menerapkan teknologi untuk validasi kondisi tanaman serta akurasi lokasi. Pengujian metode ini rampung tahun ini dan diharapkan dapat dipergunakan mulai tahun 2018.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

Editor : Pimpinan Redaksi

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162