Loading...

Dua Tips Kreatif Produksi Ide Menulis Pertanian Era Digital

16:26 WIB | Friday, 14-September-2018 | Nasional | Penulis : Ahmad Soim

Setidaknya ada dua tips mudah untuk menjadikan seorang pegawai Humas dan Pelayanan Publik sebagai pabrik ide berita pertanian pada era digital dan demam media sosial.

 

 

 

Pertama, dengan mengeksploitasi tiga hal yang ada di dalam diri sendiri, yakni pengetahuan, inderawi, dan perasaan. "Dengan tidak hanya melibatkan pengetahuan, melainkan juga inderawi dan perasaan maka akan banyak ide tulisan yang kreatif dan bermanfaat bisa dilahirkan," jelas Ahmad Soim, Pemimpin Redaksi Tabloid Sinar Tani  pada Workshop dan Bimbingan Teknis Website Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian di Bogor (13-14/9).

 

 

 

Para peserta dari admin websit Ditjen Perkebunan dari berbagai wilayah Indonesia itu diajak bermain memadukan dua kata dan ditambah satu atau lebih kata untuk merangsang pengetahuan, inderawi dan perasaan mereka guna menghasilkan ide-ide berita dan tulisan pertanian yang kreatif.

 

 

 

Kabag Evaluasi dan Layanan Rekomomendasi Ditjen Perkebunan Demitria Dewi Hendaryati, MM workshop dan bimtek ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan teknis petugas admin membuat berita dan tulisan pertanian sehingga dibaca oleh sasaran pembaca website Ditjen Perkebunan. "Juga kita akan diskusi untuk pengembangan web Ditjenbun agar lebih baik dan menarik," tambahnya.

 

 

 

Yang kedua, bila memang tidak ada ide sama sekali dalam diri, maka Ahmad Soim mengatakan dorongan Anda untuk menulis bisa dieksploitasi menjadi ide berita dan tulisan. "Tanyakanlah kenapa Anda terdorong untuk menulis hingga akhirnya bisa keluar banyak ide berita dan tulisan," tambahnya.

 

 

 

Berbeda dengan mengarang, berita ditulis karena ada kejadian atau fakta di lapangan. "Oleh karena itu, ide berita dan tulisan harus didasarkan pada fakta atau momen moment tertentu," tambah Ahmad Soim. Som

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Pimpinan Redaksi

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162