Loading...

e-paper Tabloid Sinar Tani - Entaskan Kemiskinan dengan BEKERJA

10:39 WIB | Wednesday, 02-May-2018 | Sorotan | Penulis : Pimpinan Redaksi

e-paper Tabloid Sinar Tani - Entaskan Kemiskinan dengan BEKERJA

 

50 ekor ayam untuk satu keluarga miskin. Bantuan tersebut menjadi salah satu bagian program BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) yang pemerintah luncurkan mulai April ini.

 

Rasa haru bercampur senang nampak di wajah Atik (32). Ibu tiga anak ini baru saja mendapat tamu istimewa, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman yang datang ke rumahnya di Desa Cikancana, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur.

 

Kedatangan Amran bukan sekadar bertamu, tapi lebih dari itu yakni ingin mengangkat nasib keluarganya dari jurang kemiskinan. Di desa itu, pemerintah meluncurkan program BEKERJA, Dalam program itu, rumah tangga miskin mendapat bantuan 50 ekor ayam, benih sayuran dan benih tanaman perkebunan.

Di desanya, Atik termasuk salah satu keluarga yang terkategori miskin. Suami Atik hanya pedagang martabak mini di kota Cianjur yang penghasilannya hanya Rp 50 ribu, paling besar sebesar Rp 150 ribu/hari. Atik sendiri tidak mempunyai penghasilan, karena lebih banyak mengurus anak dan ibunya yang sakit sejak 10 tahun lalu. 

“Saya senang dengan bantuan pemerintah ini. Mudah-mudahan, ini bisa menambah pendapatan keluarga saya. Suami saya juga tidak perlu bekerja jauh dari keluarga,” ujarnya kepada Sinar Tani.

Bukan hanya Atik yang merasa senang terhadap program pemerintah itu. Sardi (53), buruh tani di Desa Cikancana yang juga mendapat bantuan ayam juga berharap bisa mengangkat kehidupannya. Kuli cangkul yang berpenghasilan Rp 40 ribu/hari ini mengaku siap memelihara 50 ayam bantuan tersebut.

Ayi Jumiri (36), yang mendapat bantuan ayam juga berharap bisa memanfaatkan dengan baik bantuan pemerintah tersebut. Sebagai kuli panggul, penghasilannya hanya Rp 40-50 ribu/hari. “Alhamdulillan saya dikasih ayam, mudah-mudahan saya bisa memelihara dengan baik, sehingga bisa meningkatkan taraf hidup saya,” kata bapak satu anak yang masih sekolah di SD.

 

Tekan Kemiskinan Satu Digit

Program BEKERJA yang dicanangkan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, di Desa Cikancana, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur Senin (23/4) akan menjangkau 1.000 desa di 100 kabupaten. Dalam program itu, setiap rumah tangga miskin akan menerima bantuan 50 ekor ayam, 3 ekor kambing/domba, 5 ekor kelinci beserta kandang dan pakan selama 6 bulan. Ada juga bantuan 2-3 batang bibit mangga/manggis/durian/pisang/pepaya, 2-3 batang bibit kopi/kakao/pala/lada dan 10 batang bibit cabai/bawang merah.

Amran berharap dengan program tersebut angka kemis­kinan secara agregat mampu ditekan sesuai target pemerintah menjadi satu dijit atau di bawah 10% pada 2018. “Sesuai arahan Presiden Jokowi, Program Bedah Kemiskinan ini adalah bagian program padat karya tunai, berbasis pada pertanian. Sektor pertanian harus menjadi ujung tombak untuk menekan angka kemiskinan khususnya di desa, serta mengangkat kesejahteraan petani,” tuturnya.

Di Desa Cikencana, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur yang menjadi tempat peluncuran Program BEKERJA tersebut, BKKBN mencatat terdapat 580 rumah tangga yang masuk dalam kategori pra sejahtera dan sejahtera 1, dengan rata-rata anggota keluarga per rumah tangga sebanyak 4.08 orang. Sumber pendapatan utama adalah buruh pertanian (38.4%) dan buruh non pertanian (49.1%).

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Editor : Pimpinan Redaksi

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162