Loading...

Efisiensi Usahatani Padi

09:28 WIB | Thursday, 20-July-2017 | Kolom, Agri Wacana | Penulis : Kontributor

Data International Rice Research Institute (IRRI) tahun 2016 menunjukkan bahwa ongkos produksi padi di Indonesia tercatat sebesar Rp 4.079 per kilogram. Angka ini lebih mahal dibandingkan biaya produksi padi di Filipina sebesar Rp 3.224/kg, China Rp 3.661/kg, Thailand Rp 2.291/kg dan Vietnam sebesar Rp 1.679/kg.

 

Salah satu komponen biaya terbesar yang membebani biaya produksi padi di Indonesia adalah biaya tenaga kerja, yang mencapai 33,8 persen atau Rp 1.380/kg. Artinya, usahatani tani padi di negeri ini memang masih belum efisien dan tentunya belum mampu bersaing dengan beberapa negara produsen beras di kawasan Asia.

 

Oleh karena itu, salah satu pilihan untuk meningkatkan efisiensi usahatani adalah dengan mekanisasi pertanian. Ada dua manfaat langsung yang bisa diperoleh dari langkah ini, selain bisa menekan biaya tenaga kerja sekaligus juga bisa menjadi solusi kecenderungan semakin terbatasnya tenaga kerja penggarap lahan pertanian di pedesaan.

 

Asumsi yang menyatakan bahwa mekanisasi pertanian agar menggusur para petani penggarap ternyata tidak benar karena fakta di beberapa kawasan sentra produksi padi, para pemilik sawah kesulitan mendapatkan tenaga penggarap. Kalau pun ada, mereka harus membayar mahal sehingga membebani komponen biaya usahatani.

 

Kesadaran untuk menerapkan mekanisasi tampaknya juga semakin tinggi di kalangan petani. Lihat saja, traktor tangan sekarang bukan lagi barang langka di persawahan. Kerbau dan sapi sudah tidak lagi banyak kita jumpai menghela bajak di lahan sawah. Bahkan mesin pemanen padi juga sudah banyak dipergunakan para petani di beberapa sentra produksi padi.

 

Fakta memang menunjukkan, penggunaan berbagai alat mekanis untuk proses budidaya padi memang lebih menguntungkan, bukan saja lebih hemat biaya tetapi juga hemat waktu.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

Editor : Pimpinan Redaksi

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162