Loading...

Fenomena Hukum Harga Beras Kemasan

19:01 WIB | Monday, 31-July-2017 | Editorial, Editorial | Penulis : Ahmad Soim

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri yang dipimpin Kapolri Tito Karnavian dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman melakukan penggerebekan di PT Indo Beras Unggul (PT IBU) (20/7).

 

Pabrik ini diduga melakukan kecurangan dengan menggunakan beras jenis benih padi varietas IR64 kualitas medium, namun dijual dengan harga beras premium mencapai Rp 26 ribu/ kg. Pemerintah inginnya beras yang dibudayakan dengan subsidi pemerintah itu dijual dengan harga Rp 9 ribu per kg.

 

Disparitas harga beras yang tinggi inilah yang dipersoalkan pemerintah. Beras kemasan cap Maknyuss dan Ayam Jago yang dijual dengan harga Rp 26 ribu kg itu hingga digerebek polisi, mengundang  Ombudsman RI meminta klarifikasi. Soalnya, lembaga ini menemukan beras itu di pasar swalayan dijual dengan harga Rp 13 ribu per kg, bukan Rp 26 ribu per kg-nya.

 

Pemerintah sangat ingin agar beras medium atau yang mendapat subsidi dari pemerintah dalam budidayanya dijual dengan harga Rp 9 ribu saja. Hal ini sudah menjadi program Kementerian Perdagangan. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pada 18 Juli menandatangani Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) N0 47 Tahun 2017, sebagai perubahan dari Permendag Nomor 27 tahun 2017 tentang Penetapan harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen.

 

Dalam Permendag itu disebutkan harga acuan penjualan beras di konsumen sebesar Rp 9 ribu, untuk beras jenis medium dan premium yang tidak termasuk beras untuk keperluan tertentu. Beras medium dan beras premium dibedakan dari prosentasi beras yang patah.

 

Terlepas dari benar dan tidaknya kasus hukum yang membelit beras kemasan cap Maknyuss dan Ayam Jago, kita melihat sisi positif upaya pemerintah yakni ingin agar beras dijual ke konsumen dengan harga yang wajar. Tingkat harga itu  menurut pemerintah yakni pada harga Rp 9 ribu per kg. Upaya pemerintah ini kita sambut secara positif.

 

Namun demikian kita juga perlu melihat fenomena baru tentang harga beras dalam kemasan saat ini. Ada banyak beras dalam kemasan yang dijual di berbagai swalayan di Indonesia. Rata-rata mereka menjual berasnya dengan harga yang jauh di atas ketentuan pemerintah sebesar Rp 9 ribu per kg.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162