Loading...

Festival PARARA Gaungkan Pangan Lokal

15:11 WIB | Wednesday, 11-October-2017 | Non Komoditi, Olahan Pasar | Penulis : Tiara Dianing Tyas

Satu kegiatan bertajuk “Festival Panen Raya Nusantara” akan digelar untuk dapat kembali menggaungkan keberadaan aneka jenis pangan lokal yang menjadi ciri khas kuliner berbagai daerah di tanah air.

 

 “Penyediaan pangan di Indonesia saat ini masih banyak bergantung pada produk impor padahal kita tahu begitu banyak jenis pangan lokal yang potensial digunakan untuk substitusi pangan impor,” kata Ketua Konsorsium PARARA Jusupta Tarigan dalam konferensi pers, di Jakarta, Jum’at lalu (6/10).

 

Ketahanan dan kedaulatan pangan, menurut JT, sapaan akrab Jusupta Tarigan menjadi salah satu agenda yang akan disuarakan melalui PARARA tahun ini.

 

Festival dua tahunan ini, menurut JT, sapaan akrab Jusupta Tarigan bertujuan untuk melestarikan produk berbasis kearifan lokal sekaligus memperkuat identitas dan perekat bangsa, termasuk hasil kerajinan, hasil hutan dan pertanian.

 

“Satu hal yang Kami syaratkan adalah produk-produk atau hasil hutan dan pertanian yang akan ditampilkan dan dipromosikan tersebut tidak merusak alam,” ujar JT.

 

Salah satu komoditas pangan lokal yang akan digaungkan adalah sorgum. Beberapa penelitian menyebutkan, kandungan protein pada biji sorgum sangat tinggi dibandingkan komoditas pangan lain seperti beras, singkong dan jagung.

 

Selain sorgum, sagu juga menjadi pangan lokal yang menjadi perhatian dalam. Sebagai sumber karbohidrat, sagu dapat memperkuat ketahanan pangan nasional.

 

Ketua Panitia Festival PARARA, Voni mengatakan, Festival Parara sesuai rencana awal akan dihelat pada 13 – 14 Oktober 2017 di Taman Menteng, Jakarta Pusat. Di samping dapat menyaksikan performa berbagai jenis pangan lokal dari seluruh nusantara, masyarakat juga dapat mencicipi beragam kuliner berbahan dasar pangan lokal yang didatangkan langsung dari daerah asalnya.

 

“Nanti akan ada program icip-icip dan kafe PARARA, di mana pengunjung dapat mengenal dan menikmati hasil olahan pangan lokal. Bagi pencinta kuliner, program ini sayang untuk dilewatkan,” jelas Voni. Tia/Ira

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162