Loading...

Gebyar Penas 2017

23:05 WIB | Tuesday, 16-May-2017 | Editorial, Mentan Menyapa | Penulis : Kontributor

Alhamdulillah, sekitar 35 ribu orang yang berasal dari seluruh penjuru Nusantara bersama-sama berada di Banda Aceh, Provinsi Aceh untuk mengikuti sejumlah rangkaian kegiatan bertajuk Pekan Nasional (PENAS) XV Petani Nelayan yang diadakan pada 6-11 Mei 2017.

 

Kegiatan PENAS yang merupakan hajatan besar petani dan nelayan yang dilaksanakan setiap tiga sampai lima tahun sekali ini pesertanya berasal dari berbagai unsur petani seperti petani kebun, petani hutan, peternak, dan petani nelayan yang tergabung dalam kelompok tani, gabungan kelompok tani, dan organisasi penyuluh. Selain itu, peserta juga ada yang merupakan peneliti di bidang pertanian serta unsur pemerintah, baik dari pemerintah kabupaten/kota, pemerintah provinsi, dan pemerintah pusat.

 

Kegiatan yang berlangsung selama sepekan ini diharapkan dapat meningkatkan gairah para petani agar terus berprestasi dalam melakukan pekerjaan sehari-harinya. Apalagi, saat ini petani dituntut untuk terus meningkatkan produksi padi guna memenuhi kebutuhan pangan penduduk Indonesia yang selalu bertambah.

 

Selama seminggu di Aceh, para petani mengikuti 35 aneka kegiatan, seperti pameran pembangunan pertanian, Expo Aquaculture, Expo Agroforestry, Expo Peternakan, temu teknologi, temu agribisnis, dan temu wicara bersama delapan menteri Kabinet Kerja serta Komisi IV DPR. 

 

Salah satu kegiatan yang menjadi sorotan adalah Gelar Teknologi dengan berbagai inovasi teknologi unggulan Badan Litbang Pertanian ditampilkan, diantaranya Teknologi Budidaya Padi Jarwo Super, Teknologi Pascapanen dan Varietas Unggul Baru bawang merah, Varietas Jagung NASA 29, Pepaya Merah Delima, Pisang Tanjung, Buah Naga, berbagai jenis Sorgum lokal. Selain itu jeruk lokal Sumatera Utara, Teknologi Pascapanen Cabai, produk Biofoam, Biosilica, dan teh gambir serta kopi gayo.

 

Kegiatan lainnya seperti asah terampil, temu sukses petani dan penyuluh, temu usaha agribisnis, temu teknologi, temu karya, pengembangan jaringan informasi agribisnis, pasar lelang, study banding, magang, dan widyawisata, telah memberikan peningkatan pengetahuan dan keterampilan di bidang teknologi, serta jiwa kewirausahaan petani-nelayan. Selanjutnya kegiatan untuk mengembangkan kebersamaan dan kesadaran lingkungan, seperti outbond,  festival seni, olah raga, Kegiatan-kegiatan ini mudah-mudahan dapat memberikan semangat dan solidaritas para petani untuk terus  berkarya di bidang pertanian.

 

Selain itu untuk meningkatkan wawasan petani Indonesia dengan petani manca negara dilakukan temu petani-ASEAN dan petani Jepang, semoga di PENAS mendatang akan lebih banyak petani dari negara lain yang bisa hadir sehingga kita bisa mengukur kemampuan petani Indonesia apalagi sekarang kita berada di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan berbagai persaingan global.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162