Loading...

Geliat Panen di Tengah Bencana Gempa Lebak

16:39 WIB | Thursday, 25-January-2018 | Nusantara | Penulis : Julianto

 

 

Meski sempat dilanda bencana gempa pada Selasa (23/1), tak menyurutkan petani di Kabupaten Lebak untuk memanen hasil jerih payahnya selama empat bulan. Geliat panen di wilayah yang berada di Proivinsi Banten ini terus berlangsung hingga kini. 

 

Panen berlangsung di Desa Banjarsari Kecamatan Warung Gunung. Berlokasi di areal milik Kelompok Tani Bina Tani dan Kelompok Tani Bojong Neros dengan total luas panen 8 ha. Tingkat produkvitas sekitar 4-5 ton/ha. 

 

Anggota kedua Poktan tersebut mengakui sangat terbantu dengan benih bersubsidi yang pemerintah berikan karena meringankan biaya produksi yang seharusnya mereka  keluarkan.   Selain itu, petani juga sangat bersyukur dengan keberadaan irigasi yang telah dibangun pada lokasi kedua poktan tersebut.  Kini, petani dapat berusahatani dengan baik tanpa khawatir kekurangan air.

 

Panen di Kabupaten Lebak juga berlangsung di Kecamatan Sajira pada hamparan seluas 5 ha dengan tingkat produktivitas 4-5 ton/ha.  Harga jual gabah di wilayah ini sekitar Rp 4.000/kg GKP.  Petani Lebak  berharap hasil tahun ini bisa meningkat dan bulir padi yang dihasilkan bernas.

 

Sementara itu Kabupaten Serang juga makin menunjukkan eksistensi wilayah ini sebagai salah satu sentra produksi padi di Provinsi Banten. Panen berlangsung di lahan miliki Poktan Tani Makmur, Desa Penggalang dan Poktan Tani Mulya dan Tani Jaya di Desa Cigelam. Kedua desa tersebut berada di wilayah Kecamatan Ciruas yang merupakan salah satu sentra utama padi di Kabupaten Serang. Luas hamparan sawah di Ciruas mencapai 2.756 ha.

 

Hasil panen petani di ketiga Poktan tersebut semakin membaik yaitu berkisar 6-8 ton/ha Gabah Kering Panen (GKP) pada total hamparan 50 ha atau menghasilkan produksi sekitar 300 - 400 ton GKP. Petani cukup puas dengan hasil tersebut, dan menjadi pemacu semangat mereka untuk tetap berusahatani dengan cara-cara yang baik. Yul

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162