Loading...

Handayani, Jadikan KWT Mandiri Raih Beragam Penghargaan

10:23 WIB | Monday, 09-January-2017 | Dinamika Petani, Kontak Tani Sukses | Penulis : Tiara Dianing Tyas

Handayani lahir di Bulukumba pada 6 Mei 1976. Berbekal pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan pengalaman bertani selama 12 tahun ia dipercaya menjadi ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Mandiri yang terletak di Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Saat ini ia memiliki lahan seluas 3,5 hektar, yang terdiri dari 1 hektar lahan padi sawah, 1 hektar jagung, 0,5 hektar kakao, dan cengkeh 1 hektar. Ia juga memiliki 6 ekor sapi. Dalam berusaha tani, ia menerapkan sistem tanam jajar legowo.

 

Selain itu, Handayani juga menanam terong seluas 10 Are, kacang panjang 0,5 hektar dan cabai seluas 10 Are yang ditanam secara tumpang sari. Tak ketinggalan wanita tegar ini juga mengembangkan kegiatan usaha pembuatan pupuk organik.

 

Pada tahun 2012, KWT Mandiri ditunjuk sebagai pelaksana kegiatan Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SLPHT) dari Dinas Pertanian Dan Peternakan serta kegiatan SLPHT berkelanjutan program dinas tersebut di tahun berikutnya, KWT Ini juga melakukan Studi banding ke KWT-KWT lain di luar Kabupaten Sinjai.

 

Pada 2013, ia aktif melaksanakan program dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Hortikultura dalam Kegiatan gropyokan hama tikus di lahan sawah Desa Saotengah. Dalam hal ini Handayani turut aktif dalam kegiatan Penyuluhan di tingkat Kecamatan tentang pengendalian hama terpadu, dalam peran aktif Pembangunan Pertanian di Tellulimpoe.

 

Di daerahnya Handayani kian dikenal manakala mampu membuat KWT yang dipimpinnya berhasil mendapatkan juara pertama tingkat Kabupaten Sinjai. Banyak kegiatan digelarnya, mulai pertemuan dan rapat-rapat rutin ketua kelompok tani maupun anggota sampai kegiatan mimbar serasehan KTNA yang diselenggarakan setiap tahun, ketua kelompok ini selalu membuat kegiatan yang dihadiri oleh pihak instansi Pemerintahan maupun lembaga Legeslatif setempat (DPRK). Tia/Ira

 

Penghargaan

 

Beberapa penghargaan yang diterima Handayani maupun atas nama kelompok taninya adalah sebagai berikut :

 

1)   Kegiatan cara pembuatan Trichoderma, pembuatan EM4, pembuatan pupuk Organik dari limbah Kakao, Pengambilan entries untuk sambung samping, dan pembibitan sambung pucuk, serta Pelatihan Teknis Agribisnis Bagi Pemuda Tani yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Manajemen Kepemimpinan Pertanian.

 

2)   Piagam Penghargaan dari Guberur Sulawesi Selatan sebagai kelompok Tani berprestasi tingkat Provinsi.

 

3)   Sertifikat sebagai Peserta Pelatihan budidaya tanaman Lada yang diberikan oleh Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan.

 

4)   Sertifikat sebagai Peserta Bimbingan Teknis Intensifikasi Tanaman Kakao oleh Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan.

 

5)   Piagam Penghargaan dalam rangka Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 69 tahun 2014.

 

6)   Sertifikat, telah mengikuti dan berperan aktif dalam kegiatan Pekan Nasional Petani Nelayan ke XIV tahun 2014 di Kabupaten Malang Jawa Timur.

 

7)      Petani Berprestasi Tingkat Nasional 2016.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162