Loading...

Harapkan Cetak Analis Unggul, SMK Pelita Husada Kunjungi Laboratorium BB Pascapanen

08:06 WIB | Saturday, 08-September-2018 | Teknologi | Penulis : Kontributor

Sebanyak 47 siswa SMK Pelita Husada berkunjung ke BB Pascapanen (dok. Humas BB Pascapanen)

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian (BBPascapanen) sudah terkenal dalam menghasilkan inovasi teknologi terkait pascapanen. Karena itu, beberapa sekolah seringkali mengadakan study tour kesana. Kali ini giliran SMK Pelita Husada yang mengharapkan bisa mencetak analis lab unggulan dengan berkunjung ke BB Pascapanen.

 

SMK Pelita Husada memboyong 76 siswanya mengunjungi laboratorium penelitian BB Litbang Pascapanen Pertanian. Kunjungan ini dalam rangka memperkenalkan bagaimana cara kerja analis di lapangan.

 

Kepala Sekolah SMK Pelita Husada, Elva Diana mengharapkan dengan adanya kunjungan ini, para siswa yang merupakan calon analis jadi tahu bagaimana cara kerja, situasi kerja seorang analis di lapangan. "Selain itu meraka juga tahu alat-alat penelitian yang selama ini mereka hanya tau gambarnya saja, dengan adanya kunjungan ini mereka tahu wujud dan cara kerja alat penelitian tersebut," tuturnya.

 

Kunjungan ini diterima oleh Wakil Ketua Kelti Teknologi Proses Hasil Pertanian, Sri Usmiati didampingi Penanggungjawab laboratorium kimia, Wahyudiono. Dalam sambutannya Sri Usmiati mengatakan Balai Besar Litbang Pascapanen sangat terbuka untuk menerima siswa SMK Pelita Harapan jika ada yang mau melaksanakan PKL (Praktek Kerja Lapangan) di sini.

 

Para siswa calon analis ini sangat antusias mengikuti paparan dari Sri Usmiati dan Wahyudiono mengenai teknologi Pascapanen dan alat penelitian yang ada. Kunjungan ini dilaksanakan pada 6 september 2018 dan diikuti oleh 76 siswa dari kelas 10 dan kelas 11 beserta empat orang guru pendamping.

 

Setelah paparan, para siswa diajak untuk mengunjungi ke empat laboratorium penelitian yang ada di BB Pascapanen yaitu, laboratorium nano teknologi, laboratorium fisika, laboratorium  mikrobiologi dan laboratorium kimia. Di masing-masing laboratorium, peserta kunjungan mendapatkan informasi dari para teknisi mengenai cara kerja alat penelitian.

 

Editor : Gesha

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162