Loading...

HKTI Kalimantan Selatan Siapkan Petani Zaman Now

20:35 WIB | Monday, 16-April-2018 | Pangan | Penulis : Kontributor

Petani di zaman now pada era globalisasi harus kreatif dan inovatif serta melek teknologi. Dengan berkembangnya dunia teknologi, dunia maya menjadikan pasar yang sangat potensial untuk memperluas pemasaran hasil pertanian.   Petani tidak hanya menjual bahan mentah, tetapi  harus mampu mendapatkan nilai tambah ekonomis yang menguntungkan dengan cara mengolah dan mengemas lebih baik.

 

 

 

 HKTI Provinsi Kalimantan Selatan   Focus Group Discussion (FGD)  di Aula SPP Banjarbaru Kalimantan Selatan membahas petani di zaman now.  Kepala Bidang Kelembagaan dan Ketenagaan Penyuluhan Pertanian Joko Samiyono dari  Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian  hadir dalam FGD ini ikut merumuskan grand design menghadapi tantangan ke depan.

 

 

 

“Dewasa ini salah satu tantangan yang kita hadapi semakin berkurangnya minat generasi muda untuk berusaha di sektor pertanian, oleh karena itu perlu ditumbuhkan generasi muda kreatif dan inovatif dibidang agribisnis, dengan melakukan edukasi kepada masyarakat agar berminat dan terjun ke dunia agribisnis,” tambahnya.

 

 

 

Lahirnya pemuda-pemuda inovatif nantinya diharapkan dapat mengoptimalkan dan memanfaatkan lahan pertanian untuk berusaha tani. Selain itu dengan semakin berkurangnya lahan pertanian karena populasi penduduk dan konversi lahan yang masih terus terjadi maka para petani harus peka terhadap perkembangan teknologi.

 

 

 

Melalui FGD tersebut lanjutnya diharapkan permasalahan-permasalahan di lapangan dapat diselesaikan dengan kerja konkrit untuk kesejahteraan petani. "Petani Zaman Now, Harus Melek Teknologi". Pur

Editor : Pimpinan Redaksi

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162