Loading...

Hwan Joyo, Kawal Gapoktan Raih Prestasi Nasional

10:04 WIB | Tuesday, 03-January-2017 | Kabar Penas KTNA XV 2017, Kontak Tani Sukses | Penulis : Tiara Dianing Tyas

Jiwa kepemimpinan sangat diperlukan untuk bisa menjadikan satu kelembagaan di tingkat petani meraih keberhasilan usaha. Berkat kepiawaiannya dalam memimpin, Hwan Joyo mampu mengawal Gapoktan Bukit Barisan menjadi salah satu yang terbaik di tingkat nasional.

 

Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Bukit Barisan yang terletak di Desa Suka Rami, Kecamatan Air Nipis, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu ini sejak awal pembentukannya sudah berorientasi pada kegiatan tanaman pangan.

 

Membawahi 11 Kelompok Tani (Poktan) dengan total jumlah anggota 160 petani, perkembangan usaha Gapoktan Bukit Barisan termasuk sangat menggembirakan. Karenanya tak mengherankan bila Kementerian Pertanian memberikan penghargaan sebagai Gapoktan berprestasi di tahun 2016.

 

Hwan Joyo, sang Ketua didukung jajaran pengurus dan anggota Gapoktan Bukit Barisan telah mampu melaksanakan diversifikasi usaha dengan menambah dua unit kegiatan pada 2015, yakni simpan pinjam sarana produksi dan lembaga distribusi pangan masyarakat.

 

Bila semula kegiatan utama Gapoktan adalah di sub sektor tanaman pangan, maka belakangan sub sektor perkebunan juga digarap yakni mencakup kegiatan usaha perkebunan kopi, karet, kakao dan kelapa sawit.

 

“Yang utama bagi kami adalah partisipasi aktif dari para petani anggota kami. Segala kemajuan tak mungkin dapat diraih tanpa adanya kontribusi dari anggota,” kata Hwan Joyo di berbagai kesempatan. Tentunya dalam hal ini termasuk komitmen anggota dalam membayar iuran yang merupakan kewajibannya.

 

Jenis Simpan Pinjam

 

Iuran anggota Gapoktan Bukit Barisan, menurutnya menjadi modal dasar keuangan Gapoktan. Semangat “Dari kita oleh kita dan untuk kita“ menjadi dasar dalam menjalani kegiatan usaha simpan pinjam di Gapoktan Bukit Barisan.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162