Loading...

Ikatan Widyaiswara Indonesia Sepakat Perbaiki Pola Diklat Pertanian

11:27 WIB | Monday, 19-December-2016 | Kabar Penas KTNA XV 2017, Suara Tani | Penulis : Ahmad Soim

Widyaiswara di Kementerian Pertanian sepakat untuk memperbaiki pola diklat pertanian dan berusaha agar Inisiatif program pertanian khususnya kediklatan harus muncul dari widyaiswara.

 

Kesepakatan itu dicetuskan para widyaiswara yang bertugas di Kementerian Pertanian (Kementan) pada Musyawarah Nasional II Ikatan Widyaiswara Indonesia Cabang Kementerian Pertanian (IWICKP) di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang (7-9/12).

 

Dr. Ir. Ajat Jatnika, M.Sc, widyaiswara madya BBPP Lembang dalam Munas kali ini terpilih sebagai Ketua IWICKP periode kepengurusan tahun 2016 – 2019.

 

“Widyaiswara harus memperbaiki strategi dan mampu menciptakan model pelatihan yang mengarah pada lingkungan strategis yang jauh berbeda dari tahun 80-an,” kata Bandel Hartopo ketika membuka Munas II IWICKP di hadapan 104 peserta IWICKP di Lembang.

 

Bandel berpendapat permasalahan yang dihadapi Widyaiswara hampir sama 70% sejak tahun 1980 lanjutnya. “Untuk itu kita jangan jatuh pada lubang yang sama sampai beberapa kali,” ujarnya. Sehingga beliau mengharapkan IWI Cabang Kementerian Pertanian memiliki peran dan fungsi strategis dalam mendukung pengembangan profesionalisme widyaiswara. Di mana harus ada kerja nyata dari widyaiswara untuk menjawab tantangan bahwa dampak pelatihan harus cepat terlihat sehingga dibutuhkan metodologi pelatihan yang cocok yang dapat mengakomodasi hal tersebut.

 

Diakhir sambutannya Bandel mengatakan mudah-mudahan melalui Munas IWICKP 2016 dapat menghasilkan hal yang baru yang dapat diberikan pada Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian khususnya sehingga produktivitas widyaiswara dapat dilihat dengan kedua mata oleh Pejabat Eselon I Lingkup Kementerian Pertanian dan Menteri Pertanian.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162