Loading...

Ingin Tahu Kondisi Kesehatan Sapi? Unduh Takesi

16:58 WIB | Monday, 20-November-2017 | Inovasi Teknologi, Teknologi | Penulis : Gesha

Perkembangan teknologi kini semakin berkembang. Peternak pun bisa memanfaatkan teknologi tersebut melalui smartphone. Salah satunya aplikasi Takesi yang memberikan panduan praktis tentang kesehatan hewan ternak. 

 

Takesi merupakan singkatan dari Teknologi Android Kesehatan Sapi. Aplikasi ini dikembangkan Balai Besar Penelitian Veteriner (BBLitvet), Balitbang Pertanian, Kementerian Pertanian. "Aplikasi ini dibuat karena rendahnya pengetahuan dan pemahaman peternak terkait dengan permasalahan kesehatan hewan dan gangguan reproduksi,” ungkap Kepala BBalitvet, NLP Indi Damayanti.

 

Indi menambahkan, kekurangan pengetahuan ini berpotensi mengakibatkan kematian ternak. Terutama akibat terlambat atau kurang tepatnya peternak memberikan informasi kesehatan ternaknya kepada petugas medis. 

 

Takesi ini berguna terutama tentang penyakit dan gangguan reproduksi sapi. Karena itu India berharap peternak lebih mudah mengenali kelainan yang terjadi pada ternaknya.

 

"Aplikasi ini yang dapat diakses secara bebas oleh peternak, dokter hewan praktisi, bahkan mahasiswa. Kita harapkan dengan aplikasi ini mampu mengenal penyakit hewan dengan lebih praktis," tutur Indi.

 

Dengan aplikasi Takesi, kesadaran peternak terhadap penyakit ternaknya, terutama untuk penyakit-penyakit yang bersifat zoonosis akan meningkat. Diharapkan aplikasi ini dapat diakses semua peternak di Indonesia atau negara lain.

 

Mudah Digunakan

 

Aplikasi android ini sangat mudah digunakan peternak. Sebab hanya memiliki empat panel informasi yaitu penyakit dan gangguan penyakit pada sapi indukan, penyakit dan gangguan penyakit pada anak sapi, manajemen kesehatan sapi, dan kontak ahli.

 

Peternak hanya perlu meng-klik salah satu panel yang diinginkan. Misalnya, penyakit dan gangguan penyakit pada sapi indukan. Lalu akan muncul berbagai informasi mengenai penyakit yang dapat menyerang sapi indukan.

 

“Peternak hanya perlu klik salah satu masalah yang ada di panel yang diinginkan, maka akan muncul informasi detail dari penyakit tersebut, termasuk cara pencegahannya,” jelas Indi.

 

Pada aplikasi ini juga memuat sarana kontak ahli. Terdapat banyak daftar nama ahli baik dari balai atau dokter hewan dinas yang dapat dihubungi. “Jadi kalau peternak mengalami kesulitan terkait penyakit yang menyerang sapi, dapat langsung menghubungi ahli via sms atau telepon,” ujarnya. Gsh

 

 

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162