Loading...

Jangan Takut, Pupuk Tersedia Sesuai RDKK

12:15 WIB | Monday, 02-October-2017 | Non Komoditi, Sarana & Prasarana | Penulis : Indarto

Pemerintah menjamin petani penerima kartu tani bisa menebus pupuk bersubsidi sesuai rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK). Apalagi data petani by name by address. Bahkan dalam kartu tani termuat identitas petani dan alokasi pupuk yang disubsidi sesuai RDKK.

 

Direktur Pupuk dan Pestisida, Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Muhrizal Sarwani mengatakan, petani yang sudah memiliki kartu tani akan dimudahkan saat menebus pupuk bersubsidi. Karena itu, dengan adanya kartu tani, penyaluran pupuk akan lebih tepat sasaran, efektif dan efisien. “Kita juga lebih mudah melakukan pengawasan di lapangan, sehingga kalau terjadi kelangkaan pupuk, segera bisa diatasi,” ujarnya.

 

Muhrizal menjelaskan, bagi petani yang sudah memegang kartu tani yang akan menebus pupuk bersubsidi, tinggal menunjukkan kartu tersebut ke penjual pupuk di kios yang sudah ditunjuk. Hanya dia mengingatkan, petani yang akan menebus pupuk bersubsidi harus memiliki deposit terlebih dahulu di bank yang ditunjuk untuk mengeluarkan kartu tani.

 

“Bisa saja petani penerima kartu tani langsung menabung sesuai nominal yang cukup untuk menebus pupuk bersubsidi atau dengan cara mengajukan kredit ke bank yang bersangkutan,” papar Muhrizal.

 

Muhrizal mengatakan, karena pupuk subsidi yang ditebus nanti sesuai RDKK, jatah pupuk subsidi untuk lahan 1 ha untuk urea sebanyak 300 kg, NPK Phonska sebanyak 200 kg, ZA sebanyak 100 kg, dan pupuk organik sebanyak 100 kg. “Dengan kartu tani ini sangat membantu petani untuk nebus pupuk bersubsidi. Pupuk yang ditebus tak hanya tepat sasaran, tapi juga tepat dalam jumlah karena sesuai RDKK yang petani ajukan,” kata Muhrizal.

 

Muhrizal berharap dengan kartu tani petani lebih giat berusaha tani, sehingga produksi pangan bisa melimpah. Dengan kartu tani petani juga akan lebih sejahtera, karena bisa mengolah lahannya lebih efektif dan efisien. Idt/Ditjen PSP

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162