Loading...

Kartu Tani dan Lebaran

10:11 WIB | Monday, 12-June-2017 | Editorial, Editorial | Penulis : Ahmad Soim

Lebaran Idul Fitri tahun 2017 diwarnai dengan era baru bagi sebagian petani Indonesia. Era baru itu adalah diperkenalkan dan digunakannya Kartu Tani elektronik, untuk pendataan petani dan mendapatkan fasilitas subsidi sarana produksi pertanian dari pemerintah atau mengakses kredit ke perbankan.  

 

Pengadaan Kartu Tani ini melibatkan tiga bank plat merah, yakni Bank BNI, Bank Mandiri, dan Bank BRI. Pada bulan Puasa Ramadhan, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menyatakan siap menyalurkan sekitar 1,3 juta Kartu Tani untuk petani di Jawa Timur yang merupakan penerima manfaat dari subsidi pupuk.  Secara simbolis Kartu Tani dibagikan  di Sumenep, Madura, Jawa Timur, Selasa (6/6) kepada sebanyak 120.000 petani.

 

Penyaluran kartu tani, seperti  di Jawa Timur yang dihadiri  Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno,  adalah untuk memastikan subsidi pupuk akan dapat tersalurkan kepada para petani penerimanya secara tepat jumlah, tepat jenis, tepat waktu, tepat tempat, tepat mutu, dan tepat harga.

 

Secara lebih luas Kartu Tani elektronik ini diakan pemerintah adalah untuk meningkatkan pelayanan pemerintah terhadap petani dalam mengakses perbankan maupun pihak terkait seperti Bulog dan BUMN bidang pertanian.  Pada saatnya nanti Kartu Tani akan berbentuk seperti Kartu ATM yang akan terkoneksi dengan sistem yang dikembangkan bank plat merah. Sehingga, isi kartu akan berisi dokumen mengenai luas lahan, kebutuhan pupuk, bibit, serta komoditas yang dikembangkan petani.  

 

Kita berharap program Kartu Tani ini bisa berjalan secara berkelanjutan dan ditingkatkan kualitas data profil petaninya dan fungsi kartu taninya. Melalui pendataan petani melalui elektronik ini juga kita berharap pemerintah bisa membuat pendataan produksi secara lebih akurat. Lebih dari itu, pemerintah kedepannya dengan data petani digital ini bisa lebih pasti menentukan langkah untuk menyejahterakan petani.

 

Selama ini data statistik pertanian baik luas lahan maupun produksi masih sering diperdebatkan keakuratannya. Melalui Kartu Tani ini bisa diharapkan tidak ada lagi perdebatan tentang data statistik pertanian kita. Dengan data ini kita sangat berharap kemajuan pertanian Indonesia bisa terwujud lebih nyata. Selamat buat kemajuan petani dan selamat lebaran IDul Fitri tahun 2017.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162