Loading...

Kenali Tanaman Obat

12:20 WIB | Monday, 31-October-2016 | Tips & Santai, Non Komoditi | Penulis : Kontributor

  1. Kitolod (Hiphobroma longiflora)

 

Tanaman berbentuk perdu rendah, dengan daun berbentuk runcing bergerigi memanjang ini juga sering disebut sebagai Daun Katarak. Sesuai namanya, tanaman berbunga putih untuk pengobatan berbagai penyakit mata, seperti mata merah akibat iritasi, gejala rabun bahkan katarak.

 

Cara menggunakan cukup mudah. Tinggal mengambil beberapa lembar daun dan bunga Kitolod. Lalu diremas-remas dan tambahkan air hangat. Kemudian disaring dan diteteskan pada mata yang sakit 1-2 tetes, cukup 1 – 2 kali sehari.

 

  1. Ciplukan (Physalis angulata)

 

Tanaman yang dikenal dengan nama Ciplukan (Jawa), Ceplukan (Sunda), ada juga yang menyebutnya Dedepok (Gayo) ini bukan termasuk tanaman langka. Tapi agak sulit mendapatkan karena memang jarang yang memelihara. Tanaman yang memiliki bunga unik ini ternyata bermanfaat sebagai arternatif pengobatan penyakit gula (diabetes mellitus). Kandungan zat dalam tanaman ini dapat mengurangi kadar gula darah, sehingga mengurangi resiko penyakit diabetes.

 

Caranya menggunakan, cukup ambil cabang, daun dan buah tanaman ini secukupnya. Lalu rebus dengan air sampai airnya tinggal setengahnya, kemudian minum secara rutin dua kali sehari.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

Editor : Ahmad Soim

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162