Loading...

Kepala BKP: Sukses Dongkrak Produksi Pangan, RI Jadi Sorotan Dunia

11:39 WIB | Tuesday, 14-November-2017 | Pangan, Komoditi | Penulis : Julianto

Keberhasilan Indonesia menjaga ketersediaan dan kecukupan bahan pangan, khususnya dalam tiga tahun terakhir, ternyata mendapat sorotan dunia. Demikian disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi  saat Temu Teknis "Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Pusat dan Daerah" (OKKP-D) di Bandung, pekan lalu.

 

“Kita berhasil menjaga stok pangan, terutama beras sudah tidak impor sama sekali, bahkan kita sudah ekspor. Namun pada sisi lain kita harus tetap mengembangkan berbagai komoditas pangan lainnya yang menjadi sumber karbohidrat selain beras,” katanya.

 

Indonesia dengan populasi terbesar ke 4 di dunia dan memiliki geografis yang spesifik. Misalnya, penduduknya tersebar diantara pulau-pulau, walau hampir separuh dari populasi tersebut ada di pulau Jawa, khususnya Jawa Barat yang memiliki tingkat populasi terbesar yaitu 47 juta jiwa.

 

Agung Hendriadi juga juga Ketua Pembina OKKP-D mengatakn, BKP Kementan pada tahun 2018 akan melakukan berbagai terobosan untuk mengembangkan potensi keberagaman bahan pangan di tengah-tengah masyarakat. Untuk itu menurutnya, sinergitas lintas sektor sangat dibutuhkan mewujudkan target keberagaman pangan yang aman berbasis lingkungan.

 

“Kesadaran masyarakat kita, akan bahan pangan yang sehat dan aman sudah membaik. Untuk itu dibutuhkan pengawasan dan kesadaran produsen pangan dalam menjaga kualitas produksi,” katanya.

 

Agung Hendriadi meminta peran serta semua pihak terutama Pemerinta Daerah melalui dinas-dinas terkait agar dapat membangun sinergitas pembinaan  dan mengoptimalkan laboratorium uji pangan di daerah masing-masing.

 

“Kesadaran akan pentingnya keamanan pangan tidak sebatas sertifikasi, namun yang terpenting membangun kesadaran tersebut dari hulu hingga hilir bahwa keamanan pangan adalah kebutuhan kita bersama,” katanya.

 

Dalam kunjungan kerja di Jawa Barat,  Kepala BKP juga sempat meninjau Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Bunga Lestari di  Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. KRPL berbasis organik itu nantinya menjadi percontohan KRPL nasional. Yul

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162