Loading...

KKP Kampanyekan Laut Bebas Plastik

11:03 WIB | Thursday, 14-September-2017 | Nusantara | Penulis : Indarto

Pencemaran laut oleh sampah plastik sudah sangat memprihatinkan. Tak heran bila Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Nilanto Perbowo menyerukan agar masyarakat mulai bergerak untuk menggunakan plastik seminimal mungkin.

 

“Untuk mengurangi sampah plastik yang mencemari laut. Kita bisa gantikan plastik dengan bahan yang lain, apakah kain atau kertas sebagai alat untuk menyimpan, membawa produk apapun agar mengurangi beban lingkungan yang semakin berat akibat pencemaran bahan plastik,” kata Nilanto, di Jakarta (13/9).

 

Guna mengurangi penggunaan sampah, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan kampanye melalui kegiatan bazar sekaligus sebagai sarana promosi produk perikanan di kawasan perparkiran kantor KKP.

 

Menurut Kabag Hukum, Kerjasama dan Humas Ditjen PDSPKP, Esti Budiyarti, bazar kali ini tak hanya memperkenalkan komoditi ikan kepada masyarakat, tapi juga digaungkan Kampanye Laut Bebas Plastik untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Sebab tidak dapat dipungkiri banyak kantong plastik digunakan oleh pedagang dan pembeli.

 

 Kegiatan Kampanye yang berjudul “Gerakan Bersama Singkirkan dan Urusi Sampah Plastik" disemarakkan dengan pembagian Pin Laut Indonesia Bebas Sampah Plastik kepada pedagang bazar, sekaligus menitip pesan agar pedagang tidak menawarkan kantong plastik kepada pembeli. Hampir seluruh pedagang bazar KKP menerima pesan tersebut dan meneruskan pesannya kepada pembeli.

 

 Panitia bazar juga melakukan penggalangan dukungan pengunjung dengan pengumpulan tanda tangan komitmen, swipping kantong plastik diganti dengan kantong ramah lingkungan dan wawancara singkat kepada pedagang bazar dan beberapa pengunjung baik pejabat KKP maupun masyarakat umum.

 

 “Saya sangat mendukung kegiatan ini dan tidak keberatan untuk menanyakan apakah bapak/ibu membawa tas sendiri,” ungkap salah satu pedagang. Idt/Ika

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162