Loading...

Kondisi Terkini TTP Mollo

10:34 WIB | Friday, 21-October-2016 | Inovasi Teknologi, Teknologi | Penulis : Kontributor

Penanggung Jawab TTP Mollo, Tony Basuki, menjelaskan bahwa pada tahun kegiatan di TTP Mollo ini tidak terlepas dari kegiatan tahun sebelumnya. Bangunan-bangunan utama ini diantaranya, dua buah gapura/pintu masuk, satu buah bangunan saung pertemuan, tiga toilet, satu buah tower dan penampung air, sepuluh buah lopo dan gazebo, lima buah bangunan screenhouse, satu buah bangunan pengolahan hasil dan satu buah bangunan bengkel memasuki tahap penyelesaian.

 

Selain itu juga dilakukan pembinaan teknis terhadap usahatani anekasayuran, usahatani jeruk keprok soE, usahatani jagung, pemeliharaan ternak sapi yang dilengkapi dengan kandang kelompok, biogas, biourine. Dan fasilitas tambahan lain adalah dukungan 46 buah cultivator/tilles, 10 buah embung mini dan tiga buah handtractor.

 

Pembangunan embung berkapasitas 35000 m3 berserta rumah pompa dan reservoar, pembanngunan kantor TTP, pembangunan reservoar dan tower air serta perapihan lingkungan TTP juga memasuki tahap penyelesaian.

 

Kegiatan Pembinaan petani dan On-farm sudah mulai berjalan terutama dalam hal pembinaan teknis dan pendampingan terhadap budidaya aneka sayuran dan pemanfaatan air hujan. Dilakukan jua pelatihan dan pendampingan teknis mengenai pemeliharaan tanaman jeruk keprok SoE serta pelatihan teknis pengendalian penyakit Diplodia dan Phytopthora pada tanaman jeruk.

 

Pelatihan ini dikhususkan kepada lima petani terpilih dalam menggunakan alat foging mesin. Kelima petani ini bertugas mengendalikan kedua penyakit ini untuk melayani tanaman jeruk milik petani di desa Netpala.

 

Tony juga menjelaskan, pembinaan dan pendampingan teknis mengenai peternakan sapi, yang meliputi penggemukan sapi, pemanfaatan limbah ternak/kotoran sapi berupa pemanfaatan biogas, pupuk kandang, bio-urine sudah mulai dirasakan manfaatnya bagi petani. Lis

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

Editor : Ahmad Soim

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162