Loading...

Koruptor dan Rakyat Miskin

12:07 WIB | Wednesday, 15-March-2017 | Agri Wacana, Kolom | Penulis : Kontributor

Rasanya sudah habis tandas kemarahan dan kegeraman rakyat menyaksikan ulah beringas para koruptor. Mereka bukan hanya menguras harta dan kekayaan rakyat tetapi juga menggasak apa pun yang bisa mereka gasak.

 

Mereka bukan hanya dari kalangan pejabat eksekutif tetapi juga dari kalangan legislatif, yudikatif dan semua lembaga pengelola negara. Bukan hanya itu, mereka juga dari kalangan pengusaha yang tega mencari keuntungan usaha dengan cara menyogok dan menyuap para pejabat. Sadisnya, mereka semua berkolaborasi dan bersinergi untuk bersama-sama menggasak uang rakyat.

 

Lihat saja skandal besar yang baru saja diungkap KPK dalam sidang pengadilan korupsi KTP-Elektronik. Bayangkan, dari total anggaran pembuatan KTP-E untuk seluruh rakyat Indonesia sebanyak Rp 5,9 triliun ternyata Rp 2,3 triliun di antaranya dipakai untuk ‘bancaan’ para pejabat Kementerian Dalam Negeri, anggota DPR, partai politik, dan pengusaha.

 

Pernah menghitung uang sebanyak Rp 2,3 triliun? Uang sebanyak itu bisa untuk menebus 1,43 juta ton beras untuk rakyat miskin, yang bisa dimakan untuk 8 juta rumah tangga.  Uang sebanyak itu juga bisa untuk membayar iuran dana kesehatan BPJS untuk 7,5 juta rakyat dengan standar klas III.

 

Tulisan ini hanya ingin menegaskan betapa jahatnya para koruptor yang sama sekali tidak merasa bersalah dan berdosa telah memakan hak rakyat. Lihat saja, seketika jaksa membacakan nama-nama yang terlibat dalam kasus korupsi ini maka hampir semua pejabat yang diduga terlibat langsung berteriak mengelak dan membantah.

 

Dengan berbagai dalih dan alibi mereka serentak menolak tuduhan, bahkan ada sebagian yang kemudian saling tuding dan tuduh di antara mereka sendiri. Padahal rakyat juga sudah tahu, KPK selama ini sangat jarang salah ketika ‘menembak’ para koruptor. Mereka yang semula menolak tuduhan akhirnya justru ditelanjangi habis di pengadilan, dan ujung-ujungnya masuk bui.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162