Loading...

KTNA Harapkan Juklak dan Juknis BUMP Segera Terbit

16:10 WIB | Wednesday, 01-November-2017 | Suara Tani, Kabar Penas KTNA XV 2017 | Penulis : Kontributor

Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) berharap pemerintah segera menerbitkan petunjuk pelaksana (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) Badan Usaha Milik Petani (BUMP). Dengan adanya petunjuk tersebut akan ada keseragaman dalam pendirian dan pelaksanaan BUMP tersebut.

 

“Di lokasi dekat saya, yakni di Kabupaten Sumedang dan Purwakarta, petani masih kebingungan dan belum memulai aktivitas BUMP, karena juklak dan juknisnya belum ada. Makanya kita minta juklak dan juknis agar BUMP ada keseragaman,” kata Ketua Umum KTNA Winarno Tohir usai Diskusi “Konsep, Fakta dan Prospek BUMP” yang berlangsung di Kantor Tabloid Sinar Tani, Rabu (1/11).

 

Dia mengakui, BUMP memang belum tersebar di seluruh Indonesia dan masih tahap uji coba. Dengan adanya uji coba diharapkan bisa dicari kekurangan dan ditemukan solusinya. “Sedang dicari hambatannya seperti apa (saat uji coba),” katanya kepada Sinar Tani.

 

Winarno menjelaskan, BUMP ini sangat penting bagi petani. Karena selama kini belum memiliki kelembagaan ekonomi, membuat petani selalu tersisih dari sisi ekonomi dan tidak mendapatkan harga yang seharusnya.

 

“Sejauh ini petani sangat mendukung dan ingin mengetahui lebih lanjut seperti apa nantinya BUMP berjalan. Di sisi lain para petani merasa diperhatikan dengan adanya BUMP tersebut,” tuturnya. Karena itu Winarno berharap, pendirian BUMP di Indonesia rampung dalam dua tahun mendatang.

 

Sesuai kebijakan pemerintah, BUMP memiliki komposisi pemegang saham yang jelas yaitu Corporate Social Responsibility (CSR) dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) 51% dan Kelompok Tani beserta BUMDES 49%.

 

Menurut Winarno, usaha yang nantinya akan dijalankan BUMP akan berbeda setiap daerahnya. Tergantung potensi dan Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki masing-masing daerah. “Kalau ada sawit, padi, pangan, kopi, beda-beda setiap daerah. Kalau ikan air tawar berarti tentang ikan tawar,” katanya. Yolanda

 

 

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162