Loading...

KUB Petani Tanah Laut Sukses Kembangkan Bisnis Jamur dan Olahannya

19:01 WIB | Friday, 13-April-2018 | Hortikultura | Penulis : Ahmad Soim

Kelompok Usaha Bersama (KUB) Mekar Sari berhasil mengembangkan bisnis jamur dan olahannya. Keberhasilannya dalam mengembangkan bisnis jamur ini membuat KUB Mekar Sari sering dijadikan tempat magang, pelatihan dan studi banding.

 

Ketua KUB Mekar Sari Siti Maisyaroh mengatakan telah bekerjasama dengan Agrowisata untuk mengembangkan  lebih maju lagi sebagai tempat pelatihan dan studibanding  budidaya jamur dan pasca panennya.

 

 

 

KUB Mekar Sari yang merupakan Badan Usaha Milik Petani (BUMP) memiliki  anggota 3 Kelompok Wanita Tani (KWT) dengan  total anggota 58 orang. KUB Mekar Sari beralamat di Kelurahan Karangtaruna, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. Ketiga KWT anggota KUB ini adalah Poktan Sukamaju, Poktan Harapan Jaya, dan Poktan Mekar Sari.

 

 

 

Beragam olahan pangan dari jamur yang diusahakan KUB Mekar Sari  yaitu:  keripik jamur, bakso jamur, naget jamur,  dan budidaya hortikultura jamur. Selain itu, KUB ini juga bisnis teh khas wilayah ini, sayuran organik (bayam, kangkung, terong), tanaman obat-obatan,  dan bibit sayuran.

 

 

 

Bahan baku pangan olahan yang digunakan berasal dari anggota kelompoktani diolah oleh masing-masing KWT, pengemasan dan penjualannya dilakukan oleh KUB Mekar Sari.  Pasarnya telah menjangkau wilayah Kalimantan Selatan. Untuk teh bawang dayak pasarnya sudah sampai Surabaya, Solo dan Yogyakarta memalui on line.

 

 

 

Untuk meningkatkan kelembagaannya KUB Mekar Sari dan memperluas pemasarannya, Pengurus KUB sekarang sedang mempersiapkan proses Badan Hukum dan izin produksi sehingga bisa lebih leluasa lagi dalam memproduksi olahannya. KUB Mekar Sari juga mempunyai  toko khusus oleh-oleh untuk menampung hasil produksi .

 

 

 

Peserta pelatihan dan studi banding yang sering datang ke KUB ini berasal dari perguruan tinggi, dari kelembagaan petani baik dari wilayah Kalimantan Selatan maupun dari luar Provinsi Kalimantan Selatan, tamu-tamu dari dinas.

 

 

 

Untuk penginapannya disediakan di rumah-rumah penduduk yang sudah ditunjuk oleh Agrowisata dan sudah mendapat pelatihan dari Agrowisata tata cara menerima dan melayani para tamu/peserta. Nunung

 

 

Editor : Pimpinan Redaksi

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162